Lebih Bagus Mana Motor Pakai Pelek Racing atau Jari-jari?

Pelek Chemco untuk motor skutik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – Pelek merupakan salah satu bagian penting, sekaligus memperkuat tampilan sepeda motor tersebut. Terdapat dua jenis pelek yang kita kenal, yakni pelek racing dan pelek jari-jari.

Permintaan Pelek Motor 13 Inci Meningkat

Untuk sebagian pengguna motor yang lebih mementingkan penampilan biasanya lebih memilih pelek racing, karena terkesan jauh lebih sporty ketimbang pelek jari-jari.

Namun, ada juga pengguna motor yang menggunakan pelek jari-jari, karena dianggap lebih kuat. Lantas, bagus mana pelek jari-jari, atau racing yang cocok untuk sepeda motor?

Trik Membersihkan Pelek Motor Model Jari-jari

Kepala mekanik bengkel resmi motor Honda, Stanley Sibuea mengatakan, pada sepeda motor sebaiknya menggunakan pelek model jari-jari. Alasannya, karena lebih kuat.

"Bagi motor yang sering melintas di jalan berlubang, atau tidak rata, lebih baik menggunakan pelek jari-jari karena lebih kuat," kata Stanley kepada VIVA.co.id di Jakarta, Sabtu 22 April 2017.

Kerugian Pakai Pelek Tapak Lebar di Skuter Matik

Sedangkan pelek model racing, atau palang hanya dapat digunakan di jalan beraspal, atau beton. Sebab, jika dipakai di jalan bergelombang, tak tahan dalam meredam getaran.

"Pelek jari-jari itu lebih lentur jadi bisa tahan dalam guncangan," ungkapnya.

Pelek jari-jari juga bisa disetel, jika terjadi kerusakan akibat benturan. Sementara itu, pelek racing tak bisa diperbaiki apabila mengalami kerusakan. Namun, pelek jari-jari memiliki kekurangan yaitu mudah berkarat dan sulit dibersihkan.

"Semuanya tergantung selera konsumen, lebih condong ke mana, pelek racing, atau jari-jari. Kalau mau elegan pakai racing, mau kuat, ya pakai jari-jari," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya