Bikin dan Perpanjang SIM Tak Perlu Bayar Asuransi

Lokasi pembuatan SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Banyak pemilik kendaraan yang tak mengetahui bahwa saat mengendarai kendaraan bermotor yang mereka beli sendiri, pemilik telah mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan.

Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Jaminan asuransi kecelakaan tersebut diperoleh dari pengurusan surat izin mengemudi atau SIM dan surat tanda nomor kendaraan bermotor atau STNK. Selain itu, beberapa pihak penyedia jasa pembiayaan kendaraan (leasing) juga menyediakan asuransi jiwa dalam paketnya.

Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, mengatakan, jaminan asuransi kecelakaan yang diperoleh dari SIM, seperti yang ditawarkan oleh PT Asuransi Bhakti Bhayangkara, sifatnya tidak wajib.

AAJI: Klaim dan Manfaat Asuransi Jiwa 2021 Capai Rp159,43 Triliun

“Pengemudi tidak wajib mengikuti asuransi, itu di luar mekanisme pembuatan SIM. Jadi, ini hanya sebatas penawaran. Bagi yang mau menggunakan asuransi tersebut, dipersilakan. Yang tidak mau, ya enggak masalah,” kata Fahri kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Selain dari SIM, pengemudi juga mendapat jaminan asuransi kecelakaan dari STNK. Jaminan tersebut didapat dari sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dengan membayar SWDKLLJ setiap tahun, maka pemilik kendaraan otomatis tercatat mengikuti asuransi dari Jasa Raharja.

BRI Life Dorong Generasi Muda Miliki Asuransi Jiwa Sejak Dini

Besar tarif SWDKLLJ tergantung tipe kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc hingga 250 cc, akan dikenakan tarif sebesar Rp35 ribu. Sedangkan untuk mobil jenis sedan, jip dan lain-lain, sebesar Rp143 ribu. (ren)

Jemaah haji gelombang kedua tiba Bandara King Abdul Azis Jeddah

Jemaah Haji Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan, Ini Ketentuannya

Asuransi diberikan sejak jemaah masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika mereka masih di asrama saat pemulangan.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2023