Hino Buka Bengkel Siaga di 12 Titik Jalur Utama Mudik

Jetbus Hino RK8.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu kecelakaan melibatkan bus marak terjadi. Kecelakaan juga menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa. Dari sekian kasus, polisi menyebut kecelakaan terjadi karena minimnya perawatan bus hingga menyebabkan sejumlah efek buruk, seperti rem blong.

Bus dan Truk Hino Lebih Maksimal Pakai BBM Ini

Direktur Sales dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengatakan, perawatan berkala memang merupakan kunci utama kesegaran sebuah bus. Disadari sikap abai ini masih banyak dilakukan para oknum nakal, maka itu mereka kemudian membuat driver training bagi konsumennya.

"Perawatan berkala itu ada. Bahkan kami juga punya namanya driver training untuk konsumen fleet Hino, karena ini juga terkait masalah keselamatan saat di jalan," ujar Santiko di Jakarta Timur, Selasa malam, 6 Juni 2017.

Bus dan Truk Baru Hino Kini Lebih Ramah Lingkungan

Soal perawatan kendaraan niaga, kata dia, Hino bahkan saat ini juga sudah menyediakan jasa kontrak servis. Ini untuk menjamin kendaraan Hino dalam kondisi baik saat beroperasi. Konsumen fleet dengan skala kecil maupun besar bisa memanfaatkan jasa ini tanpa perlu mencari mekanik sendiri. Dengan kontrak servis pula, suku cadang kendaraan dijamin keasliannya.

"Di segmen ini, biasanya konsumen punya satu mekanik. Tapi ada juga yang sopirnya disuruh perbaiki dan bongkar sendiri mobilnya. Ada juga yang panggil montir bengkel saat hari Sabtu atau Minggu. Nah ini yang kami edukasi terus," kata dia.

Hino Beri Sinyal akan Memproduksi Truk dan Bus Listrik di RI

Dengan jasa tersebut, diharapkan kendaraan bisa terawat dengan baik dan mengurangi risiko kecelakaan seperti yang beberapa waktu lalu terjadi. "Kami mulai dari 2015 dan terus edukasi ini kepada konsumen. Konsumen nantinya punya pilihan, kalau yang fleet besar kami datangi mekanik atau kalau mau ke bengkel resmi kami siapkan slot-nya," ujar Santiko.

Posko Mudik

Menyambut musim mudik Lebaran 2017, HMSI juga sudah menyediakan program posko mudik untuk bus yang dipakai sebagai moda transportasi ke kampung halaman. Program ini bernama Hino Lebaran Service Corner, dan disediakan agar pengusaha bus dan penumpang merasa nyaman saat musim mudik Lebaran.

Presiden Direktur PT HMSI Hiro Kayanoki mengatakan, Hino menyediakan fasilitas perbaikan, free check up dan konsultasi untuk bus Hino, sehingga bus selalu dalam keadaan baik dan bisa sampai di kota tujuan dengan selamat.

"Pelayanan ini semata-mata dilakukan sebagai komitmen kami untuk kepuasan para pengusaha bus serta membantu pemerintah dalam menjaga keselamatan dan memininimalisasi risiko selama arus mudik Lebaran," ujar dia.

Hino Lebaran Service Corner dan bengkel siaga tersebar pada 12 titik di Pulau Sumatera dan Jawa. Untuk jalur Sumatera akan tersedia di Medan, Palembang, dan Lampung. Sementara untuk jalur mudik di Jawa, terbagi dua di jalur utara dan selatan. Hino Lebaran Service Corner utara Jawa akan berada di Cipali, Cirebon, Pemalang, Waleri, dan Semarang. Sementara di jalur selatan ada di Nagrek, Kebumen, serta Ngawi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya