Daftar Mobil yang Bisa Melintas Tol Bawen-Salatiga

Jalan tol Semarang-Solo, ruas Bawen Salatiga, yang semula ditargetkan beroperasi 2018, bisa selesai lebih awal.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Guna menampung arus mudik ke Jawa Tengah tahun ini, Tol fungsional Bawen-Salatiga akan dibuka pada 19 Juni mendatang. Jalur ini nantinya hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan satu.

‎DPRD Jateng Tolak Proyek Tol yang Digagas Jokowi

Yang termasuk golongan satu adalah sedan, jip, minibus, pick up/truk kecil, dan bus. Selain itu tidak ada yang boleh melewati jalur itu.

"Itu satu arah untuk lebaran golongan satu. Untuk arus mudik ke arah Solo. Dibuka 19 Juni," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, saat meninjau persiapan arus mudik di gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Terkuak Misteri Mobil Mundur Sendiri di Tanjakan Salatiga

"Jalurnya sudah dua arah. Rest area ada, luasnya dua hektare, bisa memuat 150 mobil golongan satu," tambahnya.

Jalur ini merupakan bagian dari proyek pembangunan Tol Semarang-Solo, yakni seksi III Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,60 kilometer.

Kementerian PUPR: Tanjakan Kali Kenteng Aman Dilintasi

"Jalan tol fungsional itu sejauh 17 sekian kilometer. (Dibuka) untuk menghindari Kota Salatiga dan juga sepenggal jalan Bawen. Itu sangat membantu untuk mengurai kemacetan di Kota Salatiga dan Bawen," katanya.

Proyek pembangunan tol ini hingga sekarang masih terus dikerjakan. Tol ini ditargetkan akan tersambung hingga Solo pada akhir tahun ini.

"Tol ini kalau sudah nyambung sampai Solo, akhir tahun ini. Jadi, kalau dari Jakarta ke Surabaya, nanti nyambung itu tahun depan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Royke, gerbang tol Salatiga ini nantinya akan dibuka sebanyak empat gerbang. "Nanti ada empat gate yang dibuka, dari total delapan gate," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya