Telisik Pentingnya CCTV di Jalan Tol

Ilustrasi ruang kontrol CCTV pemantau lalu lintas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Keberadaan kamera Televisi Sirkuit Tertutup atau CCTV saat ini sangat penting dalam hal keamanan. Dengan kamera tersebut, Anda bisa mengontrol lokasi yang diinginkan dengan melihat dari layar monitor.

Pakar IT Hermansyah Merasa Terancam, Polisi: Silakan Melapor

Kamera pengawas tersebut ditempatkan di tempat umum salah satunya di jalan tol. Direktur Operasi II PT Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, CCTV difungsikan untuk memonitor  situasi dan lalu-lintas di jalan tol. Salah satunya peristiwa aksi pembacokan yang dialami oleh ahli IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hermansyah yang terekam oleh CCTV.

"Pemakai jalan juga bisa lihat melalui jasamargalive.com dan jmcare," kata Subakti kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Bakrie & Brothers Pasok Box Girder untuk Proyek LRT dan Jalan Tol

Dia memastikan bahwa seluruh jalan tol di Indonesia telah dipasang kamera CCTV. Sebagai standar pelayanan minimum PT Jasa Marga sebagai penyedia jasa layanan tol milik pemerintah.

"Sejak dioperasikannya, tol semua harus sudah dipasang CCTV ada di SPM (standar pelayanan minimum)," ujar dia.

Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Pria yang disapa Bakti ini mengatakan, kamera pengawas CCTV tol dipasang di sepanjang jalan tol minimal setiap satu kilometer untuk lebih mengetahui kondisi dan lalu lintas di jalan tol tersebut.

"Dan dikontrol di kantor wilayah atau cabang masing-masing dan juga dikoneksi melalui web ke TIC Jasa Marga di Cililitan," kata dia. (ren)

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Jalan tol Cipali akan dilengkapi akses tambahan untuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020