Berkendara Aman Kala Hujan

Yamaha All New R15
Sumber :

VIVA.co.id – Menjelang akhir tahun Indonesia memasuki musim penghujan, para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, diwajibkan harus lebih ekstra saat mengemudi.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Pasalnya, meski hujan dipercaya merupakan rezeki, namun tak dapat dipungkiri juga bisa menyebabkan kecelakaan di jalanan. Musim hujan tidak boleh dianggap remeh oleh para pengemudi. Sebab, sudah banyak kecelakaan lalu lintas akibat faktor cuaca hujan.

Sebelum berkendara tentunya harus memastikan dulu kondisi motor yang akan digunakan. Salah satu yang paling penting adalah lampu karena berfungsi dalam menjaga jarak pandang yang terbatas karena hujan. Periksa semua lampu kendaraan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Selain itu memeriksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

Memeriksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan, karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Mobil Listrik Kuasai Setengah Penjualan Kendaraan

Mengurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan saat hujan karena permukaan jalan yang licin akibat dari bercampurnya oli dengan air dapat membuat tergelincir. Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan lebih rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

Yamaha All New R15 salah satu produk motor keluaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport ini menggunakan rangka Delta box yang terbukti kokoh dan New Design Aluminium Rear Arm dengan bobot yang ringan. Kombinasi ini memberikan pengendalian motor yang sangat stabil, dengan weight distribution 50:50 sehingga aman dalam berkendara kala hujan.

Tampilan yang modern, agresif dan futuristic menjadikan All New R15 memiliki performa terbaik dikelasnya. Disematkannya teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tenaga mesin semakin besar tetapi sangat irit bahan bakar.

All New R15 memiliki power maksimum sebesar 14.2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.7 Nm / 8500 rpm. Dengan power dan torsi sebesar ini menjadikan All New R15 sebagai motor sport tercepat di kelasnya.

All New R15 dilengkapi fitur baru Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Saat duduk di atas motor All New R15, Anda disuguhkan pemandangan desain cockpit yang Racydan Luxury. Tampilan speedometer full digital dilengkapi shift timing light yang akan member tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan dan bisa di-setting sesuai keinginan pengendara. Gear position untuk mengetahui posisi percepatan saat berkendara.

Anda juga bisa memasukkan identitas nama Anda enam digit pada tampilan LCD speedometer. Juga beberapa fungsi lain yang membuat Multi Information Display-nya semakin informatif.

Real Super Sport feeling akan dirasakan setelah mencobanya di jalan raya. Konsumen sangat dimanjakan dengan All New R15 yang memiliki tiga pilihan warna yaitu Racing Blue, Matte Black dan Matte Red.  Maka tidak heran banyak masyarakat yang memilih untuk mengendarai motor Yamaha All New R15 ini. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya