Macet Ternyata Pengaruhi Usia Ban Kendaraan

Ilustrasi kemacetan di jalan tol.
Sumber :
  • CCTV PT Jasa Marga

VIVA.co.id – Macet merupakan hal yang biasa bagi warga yang tinggal di kota-kota besar, seperti salah satunya Jakarta. Perjalanan biasanya akan terhambat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tempat tujuan. 

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Hal itu tentu saja membuat jengkel banyak pengguna kendaraan. Macet juga ternyata memiliki nilai negatif pada ban yang digunakan.

Kondisi ban sangatlah penting dan merupakan salah satu komponen yang paling bepengaruh terhadap keselamatan sehingga harus diganti secara rutin. Selain hal tersebut, kemacetan ternyata berpengaruh pada usia pemakaian ban.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

"Berpengaruh pada tingkat keausan karena posisi stop and go, gesekan yang ditimbulkan jalan dengan ban akan semakin besar dibandingkan kecepatan stabil," kata Executive Vice President Marketing and Sales Replacement MC PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo.

Meski demikian, Arijanto menegaskan bila daya tahan atau kekuatan ban tidak akan berpengaruh, meski kendaraan sering kali terkena macet. 

3 Tanda Ban Mobil Bocor Halus

"Ban motor akan lebih cepat lagi (aus) kalau stop and go, karena lebih kecil. Kalau mobil kan itu ada suspensi, jadi beban tidak 100 persen ban. Kalau motor, ban akan memainkan peran semakin besar," tuturnya.

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Kombinasi angka dan huruf di ban mobil merupakan sebuah kode yang membedakan antara ban satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan tahu.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024