Butuh Aki Berdaya Besar, Ini Alternatifnya

Aki baru Bosch.
Sumber :
  • Bosch

VIVA.co.id – Guna memeriahkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini, Bosch meluncurkan aki bebas perawatan yang diberi nama AM Hightec Silver AMS.

Selain Aki, Ini 7 Hal yang Bikin Mobil Tak Bisa Distarter

Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket, Griselda Iwandi, mengatakan, saat ini banyak kendaraan yang membutuhkan sistem penyimpan daya listrik berkapasitas besar. Hal itu dikarenakan mobil-mobil saat ini memiliki banyak fitur yang membutuhkan arus listrik.

"Tanpa energi yang cukup, kendaraan lebih mudah mogok, bahkan bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin,” ujarnya di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan.

Penyebab Aki Kendaraan Tak Bisa Menyimpan Setrum

Aki kering ini mengadopsi logam campuran perak dengan kepadatan tinggi, yang diklaim dapat memaksimalkan konduktivitas dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Kata dia, komponen timah yang berada di dalam aki disempurnakan agar tahan terhadap korosi.

Urusan harga, Bosch membanderol Rp1-4 juta untuk aki berkapasitas 12 volt 94 Ampere hours. Kapasitas ini terbilang besar. Sebab, rata-rata aki kering mobil itu rata-rata berdaya 45-72Ah.

3 Indikator Wiper Mobil Perlu Diganti
Mesin dan komponen kelistrikan Nissan Kicks di kap depan

Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Bisa Meledak

Aki mobil merupakan komponen yang memberikan listrik kepada komponen-komponen lainnya yang membutuhan energi tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2022