Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 26 Agustus 2017 | 12:51 WIB
  • Ketahui Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dian Tami
Ketahui Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih
Photo :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa
Kendaraan bermotor melintas di jalan Jakarta di jam-jam sibuk.

VIVA.co.id – Motor adalah salah satu kendaraan pribadi yang sering menjadi andalan di tengah padatnya aktivitas. Motor, moda kendaraan yang biasanya lebih lincah bergerak di tengah kemacetan jalan raya.

Namun pernahkah Anda temui kendaraan bermotor mengeluarkan asap dari knalpot dan asap tersebut bisa cukup mengganggu orang-orang di sekitarnya? Nah ketahui penyebab asap tersebut keluar dari knalpot.

Ahmad, pemilik bengkel Eka jaya Motor yang terletak di Jakarta Barat mengungkapkan, motor empat tak yang mengeluarkan asap jelas merupakan motor yang sedang bermasalah.

“Memang motor empat tak yang sehat itu tidak mengeluarkan asap berwarna hitam atau putih. Apabila sampai mengeluarkan asap berarti motor tersebut mengalami masalah pada mesin,” kata Ahmad kepada VIVA.co.id, Sabtu 26 Agustus 2017.

Ahmad menambahkan, salah satu penyebab masalah ini adalah oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal tersebut dapat terjadi apabila pemilik kendaraan malas melakukan servis serta ganti oli yang seharusnya dilakukan secara teratur.

Berikut tiga penyebab utama motor mengeluarkan asap : 

- Ring piston yang lemah
Biasa ring piston yang sudah tua tidak presisi lagi dengan komponen liner sehingga bisa memacu penyebab terjadinya hal ini. 

- Seal kelep bocor
Seal kelep dapat bocor karena seal tidak elastis lagi.

- Dinding liner yang tergores
Oli dapat masuk dari celah-celah dinding liner yang tergores dan ini juga bisa menyebabkan oli masuk ke dalam ruang pembakaran.