Warna Pelat Nomor Diganti Putih Kombinasi Merah?

Pelat nomor kendaraan bermotor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Korps Lalu Lintas Mabes Polri berencana mengganti nomor polisi kendaraan bermotor dengan warna yang lebih terang. Dengan tujuan, agar mudah terbaca saat aturan tilang kamera closed circuit television mulai diterapkan.

Syarat Ganti Pelat Nomor Kendaraan dari Warna Hitam ke Putih

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa mengatakan, kepolisian masih menggodok warna apa yang akan diterapkan nantinya. Namun, instansinya berencana mengganti dengan warna putih.

"Warna dasar putih variasi, sepertinya, masih digodok sampai sekarang," kata Royke kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat, 29 September 2017.

Warna Pelat Nomor Diubah, Polri: Lebih Mudah Terbaca Kamera ETLE

Dia tak menampik bahwa warna dasar putih terinspirasi dari nomor polisi yang diterapkan di sejumlah negara. Alasannya, warna hitam yang di Indonesia sulit terbaca oleh kamera CCTV.

"Ya mirip-mirip yang ada di luar (negeri), enggak jauh beda. Biar bisa lebih gampang dikenali oleh kamera," tuturnya.

Brigjen Yusri: Pelat Kendaraan Diganti Warna Putih Ada Chipnya

Namun demikian kata dia, dalam nomor polisi akan diberi variasi dengan bendera merah putih. Dengan tujuan, untuk menumbuhkan nasionalisme, dan juga saat melintas batas negara bisa terlihat perbedaannya.

"Mengenai dananya berasal dari negara, soal anggarannya ya urusan Kementerian Keuangan," kata Royke saat disinggung berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk menerapkan kebijakan itu.

Ilustrasi pelat RFS.

Bisakah Polisi Tilang Mobil Pakai Pelat Nomor Dewa Pakai Strobo?

Penggunaan pelat nomor khusus yang biasa dipakai oleh pejbat, tidak bisa seenaknya saja di jalan seperti memasang sirine dan strobo

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022