Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 8 Oktober 2017 | 16:43 WIB
  • Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Dian Tami
Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem
Photo :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id
Kampas rem Brembo yang ditawarkan di pameran Gatomi 2016.

VIVA.co.id – Rem merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sebab, rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan.

Jika rem tidak berfungsi dengan sempurna, bisa saja terjadi kecelakaan. Banyak kecelakaan terjadi di jalan raya disebabkan oleh rem blong atau rem yang tidak terlalu pakem.

Karena itu, sebaiknya pengendara lebih memperhatikan, kapan waktu yang tepat mengganti kampas rem.

Menurut Ade Rohman, Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) –  distributor sepeda motor Honda Jawa Barat – kunci mengetahui kondisi rem adalah dengan memantau lalu lintas yang dilalui setiap hari.

"Ketika akan melakukan penggantian rem, baik belakang atau depan, tidak dapat ditentukan dengan lama waktunya, tetapi bergantung dari pemakaian ( jalan macet akan lebih boros ). Dan apabila akan melakukan penggantian kampas rem, dapat dilihat di indikatornya atau dari hasil pengeremannya," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ade menambahkan, bila pengendara juga harus mengganti kampas rem apabila kampas sudah mulai terasa keras.

"Apabila kampas rem masih tebal dan indikator belum menunjukan harus ganti, tetapi kondisinya sudah keras, tetap harus dilakukan penggantian," jelasnya.

Selain dapat menyebabkan kecelakaan, telat mengganti kampas rem juga bisa berakibat  rusaknya komponen lain. "Pengereman kurang pakem bisa tabrakan, dan komponen lain akan rusak, karena metal yang bergesekan," lanjut Ade. (ren)