Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 13:04 WIB
  • Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Kembali Digelar

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Kembali Digelar
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Mobil mainan, diecast.

VIVA.co.id – Indonesia Diecast Expo (IDE) yang kini memasuki tahun keempat akan digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, 28-29 Oktober 2017. Acara akbar yang memanjakan penggemar mobil mainan atau diecast ini bakal mengangkat tema muscle power yang mengacu pada mobil-mobil bertenaga besar.

Menurut Vero Sahetapy, Ketua Panitia IDE, tema ini dipilih karena mobil jenis muscle tengah booming dan mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Sekadar diketahui, tahun lalu, IDE mengangkat tema JDM (Japanese Domestik Market), di mana panitia mengundang bintang tamu customize diecast dari Jepang.

Sementara untuk pegelaran IDE kali ini, panitia akan mendatangkan Chris Stangler, yakni customize diecast asal Amerika Serikat. "Kalau muscle power orang-orang bilang mobil Amerika yang berotot bertenaga dan kuat (Dodge Charger, Ford Mustang)," ujar Vero di Kawasan Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.

Nantinya akan ada beberapa produk diecast dengan jumlah terbatas di dunia yang akan turut dipamerkan di IDE. Salah satunya adalah Dodge SRT dan Nissan Fairlady Z yang jumlahnya hanya 11 unit di dunia. Selain itu, akan dibuat 100 unit diecast muscle car berbagai macam model dengan edisi terbatas buatan kustom asal Bandung, Jawa Barat.

"Di tahun 2017 ada 84 penjual diecast, lima kolektor show of, 15 komunitas, lima diecast diorama, dan ada enam unit muscle car yang dipajang dengan skala satu banding satu. Untuk Mustang Eleanor, Chevrolet Bel Air dan beberapa unit masih dibicarakan dengan Gear Head Monkey, dan Muscle Car Indonesia," tuturnya.

Untuk berkunjung ke pameran ini, panitia membanderol tiket sebesar Rp40 ribu. Acara yang dihelat juga beragam, mulai dari balap diecast, kompetisi kustom diecast, photo contest, diecast diorama dan lain sebagainya.