Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 14:07 WIB
  • Video Aksi Tantang Maut Lawan Arus demi Hindari Polisi

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Yunisa Herawati
Video Aksi Tantang Maut Lawan Arus demi Hindari Polisi
Photo :
  • Facebook/tvOne
Cuplikan video aksi menantang maut lawan arus demi hindari razia polisi

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro menggelar operasi zebra di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Operasi ini akan berlangsung hingga 14 November 2017 mendatang.

Adapun sasaran dalam operasi ini adalah pengendara yang melanggar lalu lintas, seperti tanda nomor kendaraan bermotor, lawan arus, penggunaan rotator, serta pelanggaran lainnya.

Jenis kendaraan bermotor yang paling banyak melakukan pelanggaran adalah sepeda motor. Hal ini sebagaimana hasil analisa dan evaluasi operasi zebra yang berlangsung selama lima hari.

Total pelanggar dengan sepeda motor sebanyak 29.832 unit, atau mengalami peningkatan di periode sama 2016, sebanyak 19.816. Sedangkan kendaraan roda empat, hanya 14.742 pelanggar pada operasi zebra 2017.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor adalah melawan arus sebanyak 5.837. Di mana, angka tersebut naik di banding tahun lalu sebanyak 4.925.

"Yang melanggar rambu berhenti dan parkir, juga paling banyak sebesar 4.917 pelanggar," kata Budiyanto kepada VIVA di Jakarta, Senin 6 November 2017.

Sementara itu, jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan pengendara roda empat adalah melanggar rambu berhenti dan parkir sebanyak 3.165 pelanggar. Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu pada periode yang sama sebanyak 1.845 pelanggar.

Lalu, jenis pelanggaran yang melibatkan kendaraan roda empat adalah melanggar marka berhenti sebanyak 2.292, disusul juga dengan muatan over loading sebanyak 1.698. Khusus muatan over loading jumlahnya meningkat dibanding tahun sebelumnya di periode sama, yakni 339 pelanggar.

"Memang jumlah pelanggar paling banyak itu motor, karena pengguna motor paling banyak (dibanding mobil). Jumlah pelanggaran 70 persen dilakukan roda dua, kemudian kecelakaan lalu lintas melibatkan 70 persen roda dua," ujarnya.

Berikut, video cuplikan tingkah pengendara melawan maut saat menghindari razia polisi: