Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 18:52 WIB
  • Data dan Fakta Kemeriahan Tokyo Motor Show 2017

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Data dan Fakta Kemeriahan Tokyo Motor Show 2017
Photo :
  • REUTERS/Toru Hanai
Tokyo Motor Show 2017

VIVA – Japan Automobile Manufacturers Asscociation (JAMA) telah sukses menggelar Tokyo Motor Show yang ke-45 pada Jumat 27 Oktober hingga 5 November 2017. JAMA sendiri mengklaim jika pameran selama 10 hari itu telah sukses.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan ke VIVA, Kamis, 9 November 2017, pameran otomotif terbesar di Jepang itu telah menyedot sebanyak 771.200 pengunjung dari seluruh dunia, dan angka tertinggi untuk kunjungan terjadi pada 2 November.

Dan dari hasil survei yang dilakukan di tempat selama acara berlangsung menunjukkan sebanyak 75,9 persen pengunjung adalah pria dan 24,1 persen wanita. Sedangkan untuk kelompok umur sebanyak 7,1 persen usia 15-19 tahun, 20,6 persen usia 20-an, dan 23,6 persen usia 30-an.

Dengan tema besar “Beyond The Motor”, Tokyo Motor Show 2017 melibatkan 153 perusahaan serta organisasi, 15 brand dari 14 pabrikan Jepang, 19 brand dari 13 pabrikan global, dengan total 380 kendaraan yang dipamerkan, termasuk penampilan perdana di Jepang maupun di dunia.

Selain itu, peserta pameran suku cadang mobil, mesin, dan alat otomotif juga menampilkan teknologi serta layanan terbaru mereka.

Dalam pameran itu juga ada acara khusus Tokyo Connected Lab 2017. Dalam lab ini telah diperlihatkan mobilitas masa depan yang akan menghubungkan pengendara, kendaraan, jalan, dan infrastruktur yang meliputi tiga program dengan partisipasi interaktif dan diskusi.

Di dalam program “THE FUTURE”, pengunjung merasakan mobilitas Tokyo di masa depan dalam area berbentuk dome dengan kapasitas 300 pengunjung. Pengunjung juga melihat proyeksi visual 360 derajat untuk merefleksikan pesan dari 28.000 peserta yang memberikan masukan melalui aplikasi resmi tentang bagaimana harapan mereka untuk mobilitas Tokyo di masa depan. 

Lalu ada program test-drive/ride yang diselenggarakan di sekitar area Tokyo Waterfront City, berdekatan dengan lokasi Tokyo Motor Show (Center Promenade, Odaiba Special Event venue, dan MEGA WEB Ride-One). Tokyo Motor Show menawarkan program test-drive/ride mobil penumpang, mobil komersial, dan sepeda motor, serta transportasi dan kendaraan mobilitas pribadi yang diikuti lebih dari 5.000 pengunjung.

Berbagai inisiatif, termasuk kuesioner mengenai acara tahun ini yang diisi para pengunjung di lokasi, akan digunakan untuk memastikan acara Tokyo Motor Show selanjutnya dengan tema “technology-driven” menjadi lebih atraktif.

Hal ini juga bertujuan untuk membangun momentum hingga tahun 2020, di mana perhatian dunia akan tertuju pada Jepang. Tokyo Motor Show yang ke-46 akan diselenggarakan pada musim gugur 2019 di Tokyo Big Sight, namun akan diperluas hingga lokasi lain, contohnya Tokyo Waterfront City. (ase)