Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 11:03 WIB
  • 5 Fakta Mobil Hybrid

  • Oleh
    • Hadi Suprapto
5 Fakta Mobil Hybrid
Photo :
  • Greenmotor
Ilustrasi tombol aktivasi mode hibrida pada mobil.

VIVA – Kendaraan hybrid atau hibrida merupakan kendaraan yang menggabungkan manfaat dari mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai. Kendaraan ini tengah menjadi tren dunia yang sedang berlomba-lomba mengurangi konsumsi bahan bakar minyak.

Nah, ternyata ada lima fakta dari mobil hybrida. Yuk simak satu per satu. 

1. Memiliki dua sumber daya

Seperti dikutip laman resmi Nissan, mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua sumber tenaga. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya.

Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan menyesuaikan situasi yang ada.

2. Bukan penemuan baru

Apabila mobil hybrid belakangan ini sedang gencar-gencarnya dibicarakan media sebagai solusi ramah lingkungan, faktanya teknologi hybrid bukanlah sebuah teknologi baru. Sejak 1902, seorang pria bernama Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin hybrid seutuhnya yang diberi nama ‘Mixte’.  

Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. Pada 1997, mobil hybrid komersial pertama pun diproduksi oleh salah satu brand mobil ternama yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun itu.

3. Tak cuma di mobil

Teknologi hibrida bukanlah suatu perkembangan teknologi terbaru dan sudah hadir sejak beberapa tahun seperti yang tercatat di atas. Teknologi ini juga sudah pernah dicoba dan digunakan dalam lokomotif, kapal selam, truk penambangan dan lainnya. Mobil adalah penerapan mesin hybrid yang paling sering ditemukan.

4. Alternatif yang sangat baik

Bagi sebagian besar orang, mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang sangat baik dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya karena dapat menghemat bensin. Banyak mobil hybrid yang kini memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional, sehingga dapat memberikan penghematan biaya yang lebih banyak bagi para penggunanya.

Tidak hanya itu, kini sudah banyak pula para montir yang sudah terlatih untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin pada mobil hybrid dan juga memiliki biaya yang murah.

5. Kurangi polusi hingga 90 persen

Selain diketahui dapat mengurangi polusi hingga sebesar 90 persen, mobil hybrid juga diketahui memiliki biaya perawatan yang lebih murah karena biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional. Meskipun memiliki harga baterai yang lebih mahal, masa hidup dari baterai tersebut memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup. Jika Anda ingin menjadikan mobil ini sebagai investasi, harga penjualannya tidak banyak berubah.

Mobil hybrid juga memiliki suara yang hampir sama sekali tak terdengar dan juga sangat nyaman dikendarai. Bahkan ketika Anda sedang terjebak macet, maka mesin akan secara otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan.