Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 19:40 WIB
  • Surabaya Terpilih Jadi Kota Paling Tertib Lalu Lintas

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Pius Yosep Mali
Surabaya Terpilih Jadi Kota Paling Tertib Lalu Lintas
Photo :
  • VIVAnews/Adri Irianto
sorot hacker - Tugu Hiu dan Buaya Kota Surabaya.

VIVA – Keamanan dan kenyamanan tinggal di sebuah kota bukan hanya sekadar dilihat dari tingkat kriminalitasnya maupun pelanggaran hukum, tetapi juga dilihat dari tingkat kelola keselamatan jalan dan tata kotanya.

Mengacu dari hal tersebut, ajang Indonesia Road Safety Awards kembali diadakan tahun ini. Penghargaan tahunan ini sendiri merupakan wujud apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik dalam penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Chief Executive Adira Insurance, Julian Noor mengatakan, pesan dan semangat dari IRSA diharapkan bisa menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

"Sehingga pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah kota maupun kabupaten di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelolanya yang lebih baik lagi," kata Juian di Jakarta, Kamis 7 Desember 2017.

Program IRSA 2017 diikuti oleh 120 kota di seluruh Indonesia, dari situ terpilih 23 kota dan kabupaten yang terpilih menjadi finalis berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Berdasarkan hasil penjurian terhadap 23 finalis, maka Kota Surabaya menjadi pemenang utama dengan menyandang predikat 'Excellent City 2017'.

Sementara Kota Tangerang menjadi pemenang utama kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi dan Kota Semarang menjadi jawara sebagai kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah.

Sementara itu, kategori kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi dimenangkan oleh Kabupaten Pekalongan dan kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah adalah Kabupaten Bangka.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Surabaya untuk kategori Terbaik Pada Upaya Menurunkan Rata-Rata Angka Kecepatan Kendaraan.