Paus Ajak Pemimpin Gereja Tak Pakai Mobil Mewah

Paus Fransiskus berjalan di tengah jemaat pada Misa Pelantikan
Sumber :
  • REUTERS/Giampiero Sposito

VIVAnews – Sejak diangkat sebagai pemimpin umat Katolik sedunia dan Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus terus memberikan pesan perdamaian dan rendah hati kepada umat Katolik di seluruh dunia. Fransiskus memang dikenal sebagai paus yang sederhana. Ketika menjadi Uskup Agung di Argentina, dia tinggal di sebuah rumah susun dan masak sendiri. Bila ke kantor dia menumpang bus, padahal dia datang dari keluarga kaya. 

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

Pesan kesederhanaan, tidak hidup berfoya-foya, membantu dan memapah orang-orang miskin, selalu didengungkan sang paus. Pada Hari Paskah tahun ini, dia pergi ke penjara dan mencium kaki para kriminal yang ditahan di sana, sebagai peringatan akan peristiwa basuh dan cium kaki yang dilakukan Yesus sebelum ditangkap serdadu Israel. 

Paus juga berkali-kali mengkritik dan memberi pesan kepada anggota gereja untuk lebih sederhana dan mengurangi nafsu duniawi.

Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

Dilansir Carscoop, Rabu 10 Juli 2013, Paus berdarah Italia yang besar di Argentina itu juga merasa sedih ketika melihat para imam atau pemimpin gereja memberikan pandangannya terhadap sebuah kendaraan. Harta apaun di dunia ini, katanya, sifatnya sementara belaka.

Paus yang memiliki nama lahir Jorge Mario Bergoglio, menyarankan agar para pemimpin gereja tidak mengendari mobil yang mencolok, dan lebih rendah hati. "Sungguh menyakitkan ketika saya melihat seorang pastur atau biarawati menggunakan model mobil terbaru. Anda tidak bisa melakukan ini," kata Paus seperti dikutip oleh kantor berita Italia ANSA.

Lebih lanjut, Paus menyampaikan, mobil memang diperlukan untuk melakukan banyak pekerjaan, tapi tolong lebih sederhana. "Jika Anda suka yang mewah, berpikirlah tentang berapa banyak anak yang mati kelaparan di dunia," tambahnya.

Paus menganjurkan agar umat Gereja Katolik lebih keras dan fokus pada masyarakat miskin.  Hal yang sering dilakukannya di Argentina dulu, bergaul dan hidup dengan sejumlah orang miskin. 

Kepada para imam muda dan biarawati di seluruh dunia yang memiliki smartphone terbaru atau aksesori fashion, paus menegaskan bahwa semua harta benda itu bukanlah rute atau tujuan akhir menuju kebahagiaan.

Emak-emak Naik Motor Juga Berulah di Luar Negeri, Lakukan Ratusan Pelanggaran

Kepausan sejatinya memiliki sejumlah fasilitas mewah untuk seorang paus. Tapi Fransiskus memilih mobil Ford Focus berkelir biru metalik untuk perjalanan dinasnya di kota-kota Italia dan Vatikan.

Sementara untuk kunjungan ke luar negeri, disediakan mobil anti peluru Mercedes-Benz M-Class Popemobile. Mobil ini akan dipakai  pada Juli ini untuk kunjungan resmi pertamanya ke Brasil. (adi)

Gelaran Jakarta Lebaran Fair 2024

Diskon Besar Produk Kecantikan di Jakarta Lebaran Fair

The Body Shop misalnya. Terletak di Hall B2, The Body Shop menawarkan beragam produknya dengan diskon besar, mulai dari 20-50 persen.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024