Menteri PUPR 'Diculik' Saat Pantau Jalur Mudik Lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Ada momen menarik saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meninjau  jalur mudik di kawasan Jawa Tengah. Di tengah kesibukannya, Menteri PUPR ‘dipaksa’ tim pantauan mudik VIVA.co.id untuk menjajal mobil mewah Jaguar XF yang memang sengaja diboyong dari Jakarta.

Oknum Polisi Jual Mobil Sitaan, dan Honda CR-V Diserbu Pembeli

Saat menjajal mobil sedan seharga Rp1,6 miliar itu, Menteri PUPR tak dapat menyembunyikan kekagumannya. Terlebih saat masuk ke dalam kabin mobil yang benar-benar menyuguhkan kemewahan.

"Apik banget, ini cuma gini-gini aja yah, diputer nih (saat ingin memindahkan transmisi) mana rem tangannya?" kata mantan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum ini saat masuk ke dalam kabin dan mengambil kendali setir, Minggu 11 Juni 2017.

Inspektur Polisi Kepergok Jual Mobil Sitaan

Kata dia, sedan ini mudah dikendalikan, meski memiliki dimensi lebih panjang 51 milimeter dari generasi sebelumnya. "Enggak lah, mobil bagus ini gampang (saat posisi pedal gas langsung ditekan lebih dalam dengan rpm tinggi)," katanya.

Jenderal TNI yang Ingin Bubarkan FPI, Mobilnya Indonesia Banget

Menteri PUPR juga sempat terkejut jika sedan asal Inggris ini mampu berakselerasi hingga 220 km/jam di tol Cipali. Kecepatan ini dapat diraih berkat dukungan mesin 2.000cc turbo yang disalurkan melalui transmisi otomatis ZF 8-percepatan.

"Sempat 220 km/jam yah. Saya kira ini mobil Eropa pas, jadi memang beda sekali rasanya mengendarai mobil yang biasa saya pakai ke kantor (Toyota All New Fortuner warna hitam)," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengakui masih sering mengemudi sendiri meski telah menginjak usia 62 tahun. "Oh iya masih ke Bogor berdua sama istri saya enggak pakai supir, kadang-kadang tapi," katanya.

Saat disinggung apakah seorang menteri butuh kendaraan kelas premium seperti Jaguar? Menurutnya mobil ini terlalu mewah untuk seorang menteri seperti dirinya.

"Saya coba mobilnya bareng VIVA.co.id saja, walapun enggak punya tapi bisa cobain kan," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya