Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 14:48 WIB
  • Gaji Mengejutkan Bos Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Gaji Mengejutkan Bos Nissan-Mitsubishi Carlos Ghosn
Photo :
  • REUTERS/Thomas Peter
Carlos Ghosn.

VIVA.co.id – Carlos Ghosn pantas tercatat sebagai eksekutif dengan bayaran tertinggi di industri otomotif. Selain gaji fantastisnya di Renault, pria kelahiran Brasil ini juga menjadi bos di dua produsen mobil Jepang, Nissan dan Mitsubishi.

Ya, setelah Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi, Ghosn juga menerima gaji ketiganya di perusahaan berlogo tiga berlian tersebut.  Meski gaji Ghosn di Mitsubishi masih dirahasiakan, namun melihat gajinya di Renault dan Nissan saja sudah bikin geleng-geleng kepala. Apalagi ditambah dengan gaji yang diterima di Mitsubishi.

Seperti dilansir Japantoday, pada tahun 2015 saja, Ghosn menerima kombinasi gaji sebesar 17 juta dollar AS atau lebih dari Rp226 miliar dari Renault dan Nissan. Tentu di 2017 ini, gajinya di Nissan dan Renault pasti membengkak. Belum tambahan gaji yang diterima dari Mitsubishi.

Tingginya gaji Ghosn ini juga tengah menjadi sorotan di mata para pemegang saham Renault. Awal tahun ini, para pemegang saham Renault menolak gaji tinggi Ghosn di pabrikan mobil asal Prancis tersebut.

Namun penolakan ini mendapat ganjalan dari dewan direksi Renault yang tetap meneken paket gaji Ghosn yang fantastis. Itu belum ditambah dengan bonus yang didapatnya dengan memimpin aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. (ren)