Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 17:37 WIB
  • Intip Harga Pasaran Mobil Defender yang Dipakai Jokowi

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Intip Harga Pasaran Mobil Defender yang Dipakai Jokowi
Photo :
  • Biro Setpress
Mobil Defender klasik yang dipakai Presiden Jokowi saat resmikan Tol Becakayu di Bekasi, 3 November 2017.

VIVA – Ada pemandangan unik saat Presiden RI Joko Widodo meresmikan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jakarta Timur, Jumat 3 November 2017. Jokowi beserta seluruh rombongan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menggunakan mobil off road.

Mobil yang ditumpangi Jokowi paling istimewa, yakni Land Rover Defender County dan ditempeli pelat RI-1. Orang nomor satu di Indonesia itu duduk di depan, samping sopir.

Ternyata mobil itu merupakan lansiran 1989. "Awalnya waktu diperoleh kondisinya tak baik. Akhirnya diperbaiki dan layak jalan. Waktu ketemu enggak bisa jalan ini," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

VIVA pun tertarik untuk menyelidiki spesifikasi hingga banderol mobil tersebut. Di Inggris, dahulu mobil ini acap digunakan untuk mengangkut barang. Meski sudah berusia uzur, namun di pasaran mobil bekas Defender ras yang satu ini masih punya harga yang membelalakkan mata. Seperti dipantau dari Top Classic Car, di pasaran mobil ini dibanderol sekira US$45 ribu atau setara Rp600 jutaan.

Presiden<a class='auto-tokoh' title='Profil Jokowi' href='http://m.viva.co.id/siapa/read/81-jokowi?ref=vivasiapa'> Jokowi </a>mengendarai Land Rover Defender County saat meresmikan tol Becakayu, Jumat 3 November 2017.

Sementara untuk urusan dapur pacu, mobil pikup berdimensi gambot itu menggendong mesin diesel empat silinder dengan kode 19J berkapasitas 2.500 cc yang sudah dilengkapi turbo. Maka tidak heran dengan teknologi zaman lawas, tenaga yang dihasilkan hanya 85 daya kuda dan torsi maksimum 200 newton meter.

Sebagai informasi, pada 1989 silam, mobil pikap ini memang terakhir yang diproduksi. Maka tak heran kalau menjadi barang langka yang cukup bernilai. Bahkan secara global, setelah 68 tahun bergeliat di pasar mobil dengan model SUV dan pikap, nama Defender sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan mobil premium asal Inggris itu.

Presiden Jokowi mengendarai Land Rover Defender County saat meresmikan tol.

Sementara jika ingin melihat edisi terakhir Defender dalam bentuk SUV, sudah ada di Tanah Air. PT Wahana Auto Ekamarga, selaku agen pemegang merek Land Rover, mendatangkannya secara utuh, Defender Heritage dan Adventure, yang dibanderol Rp1,4 sampai Rp1,5 miliar off the road. (ren)