Mobil Sport Irit Bisa Gonta-ganti Bodi & Warna Sendiri

Daihatsu D-R dan D-X
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Bukan hanya mobil murah Ayla yang menjadi 'senjata' Astra Daihatsu Motor (ADM) di IIMS kal ini. Mereka juga memamerkan dua mobil konsep yang diberi nama Daihatsu D-X dan D-R.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Uniknya, mobil atap convertible dengan perpaduan sport dan crossover ini, bodi dan warnanya bisa diganti tanpa harus ke bengkel. Kedua mobil itu bisa saling pinjam panel bodi yang terbuat dari bahan baku renin (plastik).

"Bodi serta warna D-X bisa diganti dengan D-R sesuai kemauan kita. Tidak perlu khawatir tidak kuat, karena alurnya sudah disesuaikan. Jadi tinggal tukar saja di rumah dan tidak perlu ke bengkel," kata Research and Development Division ADM, Satriyo Budiutomo di booth Daihatsu JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin 24 September 2012.
 
Menurutnya proses pergantian hanya memakan waktu 30 menit. Mobil yang memiliki dimensi panjang 3398 mm, lebar 1475 mm, tinggi 1275 mm dan wheelbase 2230 mm, dibekali mesin direct injection turbocharged berkapasitas 660 cc, yang bisa menghasilkan tenaga 64 PS dan torsi puncak 110 Nm.

D-X dan D-R memiliki bobot 800 kg dan diperkuat dengan velg ring 17 ban 165/50. Adapun konsumsi bahan bakarnya diklaim perusahaan 1 liter untuk 30 kilometer. Soal keamanannya, mobil ini dilengkapi rangka baja kuat dan tebal yang mampu menyalurkan benturan ketika terjadi tabrakan.

"D-X sangat cocok untuk medan terjal dan menantang alam, karena memadukan model crossover dan sport. Sedangkan DR lebih mengedepankan mobil sport yang kecil tapi mewah." ujarnya.

Daihatsu sendiri masih melakukan survei pasar keduan mobil tersebut di Tanah Air. Di Jepang rencananya akan diperkenalkan dalam waktu dekat, sedangkan di Indonesia kemungkinkan masih 2-3 tahun lagi. (eh)

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan
Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024