Harga Maksimal Mobil Murah Rp95 Juta, Ini Komentar Daihatsu

Daihatsu Ayla Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Perindustrian (Kemenprin) akhirnya menandatangi draft aturan petunjuk dan pelaksanaan teknis mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Dalam aturan tersebut tertuang maksimal harga LCGC per unit Rp95 juta Off the Road.

Lantas bagaimana dengan Daihatsu, di mana beberapa waktu lalu sempat memperkirakan mobil murahnya Ayla dipatok Rp75 juta?

"Apapun peraturannya kami akan ikut kata pemerintah," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di Jakarta, Jumat 5 Juli 2013.

Meski sudah draft itu sudah ditandatangani Kemenprin, kata Amelia, keputusan mobil murah belum bisa langsung berjalan. Sebab, setelah itu draft-nya diserahkan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM).

"Setelah Kemenkumham sebenarnya masih ada beberapa tahap lagi, dan nantinya perusahaan yang ikut LCGC akan kembali di audit. Apakah memenuhi persyaratan yang telah diajukan" kata Amelia.

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant

Dia menambahkan, intinya Astra Daihatsu Motor menunggu dan ikut keputusan pemerintah.

Ayla sudah diperkenalkan Daihatsu pada September tahun lalu, berbarengan dengan peluncuran Toyota Agya. Bahkan, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, Ayla juga sudah dipamerkan secara langsung kehadapan publik.

Belum sampai di situ, selang beberapa bulan, VIVAnews juga berkesempatan menjajal keiritan Ayla di Karawang, Jawa Barat.

Daihatsu Ayla akan dilepas dalam tiga varian, tipe D (terendah), M, dan X (tertinggi). Pada tipe D, Ayla hadir tanpa CD player, velg alloy, AC, airbag, power steering, power window, dan spion elektrik. Rencananya, tipe ini akan dibanderol sekitar Rp75 jutaan. Untuk tipe M dan X telah dilengkapi transmisi manual dan otomatis.

Ayla diproduksi di pabrik Daihatsu yang berdiri di Karawang, Jawa Barat seluas 94 hektare. Kapasitas produksi pabrik itu mencapai 120.000 unit per tahun, dengan rincian Ayla 3.000 unit dan Agya 6.000 unit. (adi)

Pose Nikita Mirzani bersama Rizky Irmansyah

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Nikita Mirzani mengungkap bahwa bisa bertemu dengan Rizky Irmansyah, merupakan sebuah takdir.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024