Kijang, dari Buaya Hingga Innova

Mobil MPV di Ajang IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Setelah lebih dari 36 tahun di Indonesia, populasi Toyota Kijang telah mencapai 1,5 juta unit. Adapun Kijang generasi pertama (Kijang Buaya) diperkenalkan pada 9 Juni 1977, namun dua tahun sebelumnya sudah lebih dulu mejeng di arena Jakarta Fair.

Sekilas mengenai Kijang, meski mulai dipamerkan pada 1975, ternyata mobil legendaris ini telah dipersiapkan pada 1969, hingga akhirnya Toyota Astra Motor mulai berani memperkenalkan ke publik delapan tahun kemudian.

Saat hadir, Kijang disematkan empat unsur senjata andalan seperti ekonomis, performa, tangguh dan serbaguna. Alhasil, mobil keluarga itu mampu merebut hati masyarakat Indonesia.

Tak lama kemudian, pada 1981, Kijang kembali meluncurkan generasi kedua (Kijang Doyok), yang hadir dengan bodi lebih halus dan beberapa perubahan pada eksteriornya.

Pada 1986, Kijang generasi ketiga diluncurkan. Ini bisa dikatakan menjadi titik tolak perjalanan Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia. Kijang hadir dengan varian Super yang dilengkapi teknologi full pressed body--terobosan baru proses produksi mobil kala itu.

Kijang rupanya makin ingin melekatkan dirinya sebagai mobil keluarga Indonesia, setelah hadir muncul model anyar, Kijang Kapsul.

Belum sampai di situ, model anyar Kijang pada 2004 menjadi era baru dalam sejarah, di mana Kijang generasi kelima hadir, yaitu Kijang Innova. Layaknya MPV modern dan sama sekali tak tercermin karakter niaga seperti model pendahulunya.

Sejak pertama kali diluncurkan, Kijang Innova tersematkan teknologi khas abad ke-21 seperti mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail, hingga Multi Information Display (MID) dan airbag.

Tidak sampai di situ, fleksibilitas pengaturan jok baris ketiga membuat kapasitas bagasi Kijang Innova mampu menampung lebih banyak penumpang.

Menurut Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan, perjalanan yang ditempuh Toyota Kijang selama 36 bukanlah perkara mudah, sampai mobil itu bertransformasi menjadi lima generasi.

"Berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, Toyota Kijang mampu menjadi satu-satunya kendaraan di Indonesia yang selama 36 tahun menemani lebih dari satu setengah juta masyarakat Indonesia," kata Johnny saat peluncuran New Kijang Innova di Jakarta, Senin 19 Agustus 2013.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Kini di tengah ketatnya persaingan pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) nasional, Toyota kembali melakukan perubahan ringan pada Kijang Innova. (umi)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024