Menakar Kemampuan Si Bongsor CR-V

Test drive All New CR-V
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Kento Momota Announces His Resignation from Badminton
- Sepak terjang Honda CR-V di pasar SUV (
Sport Utility Vehicle
Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran
) memang sudah cukup lama. Tak heran, mobil berbodi bongsor itu sudah hadir dalam beberapa generasi.
Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

Perombakan pada generasi keempat (paling baru) bisa dibilang cukup frontal, hampir 80 persen bagian berbeda ketimbang generasi pendahulunya. Namun, yang cukup mencolok adalah desain buritan, karena mengadopsi lengkungan tak lazim.

Perubahan itu tidak lepas dari ambisi Honda untuk memperkuat posisi CR-V sebagai raja di kelas SUV pasar Indonesia.

Lantas, seberapa hebat performa mobil ini dibanding kompetitor?


Beberapa waktu lalu,
VIVAnews
mendapat kesempatan mencicipi All New CR-V 2.4 transmisi otomatis --varian tertinggi di bawah Prestige.


Mengusung mesin 2.4 L DOHC i-VTEC, All New CR-V mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 190 dk pada putaran mesin 7.000 RPM. Mesin ini diklaim 20 dk lebih besar ketimbang generasi terdahulu.


Selama proses pengujian di dalam kota, impresi pengendalian cukup menyenangkan. Teknologi
Drive by Wire
untuk mengatur akselerasi yang pas, cepat, dan hemat BBM.


Juga tersedia
Paddle Shift
pada kemudi untuk memberikan sensasi balap dengan memudahkan pengemudi untuk mengatur perpindahan transmisi hanya dengan menggunakan ujung jari.


Honda juga menghadirkan kontrol kestabilan serta
Hill Start Assist
. Anda tak perlu khawatir mobil bergerak mundur saat sedang macet di tanjakan. Karena, begitu Anda melepas rem, mobil akan tetap ditahan lajunya sampai Anda menginjak gas.


Bantingan CR-V baru juga membaik dari sebelumnya. Setir lebih enteng serta posisi mengemudi ergonomis dengan jok elektrik, membuat mobil ini enak dan nyaman dipakai untuk medan seberat apa pun.


Laju 0-100 km/jam bisa dituntaskan dalam 10,6 detik. Adapun konsumen BBM terbilang cukup irit di kelasnya, yakni 1 liter untuk 9,8 kilometer --rute kombinasi.


Itu berkat fitur
ECON Mode
, sebuah teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen --tergantung dari kondisi jalan maupun cara berkendara.


Kekurangan
Satu-satunya keluhan adalah visibilitas dari kaca belakang yang sempit, apalagi mobil ini juga belum dilengkapi sensor atau kamera parkir. Fitur ini hanya tersedia di tipe paling atas 2.4 Prestige seharga Rp29 juta lebih mahal.


All New CR-V 2.4 L dilepas dengan harga Rp418 juta
On the Road
Jakarta. Menariknya, jika kurang puas dengan tampilannya, agar lebih sporty, Honda menawarkan aksesori dari Modulo. Tapi, Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi.


Kesimpulan
Dengan kemampuan mumpuni serta desain anyar, All New CR-V boleh dibilang masih sulit dikalahkan kompetitornya seperti Mitsubishi Outlander, Mazda CX-5, KIA Sportage, dan Hyundai Tucson.


Terlebih,
brand
Honda sudah cukup familiar di masyarakat Indonesia, layanan purna jual cukup lengkap serta harga jual kembali yang bagus. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya