Tak Lama Lagi, Airbag Juga Dipasangi di Luar Mobil

Airbag eksternal.
Sumber :
  • www.inautonews.com

VIVA.co.id - Untuk meningkatkan keselamatan pada sebuah mobil, para produsen otomotif hingga kini terus melakukan terobosan-terobosan terbaru. Dengan langkah demikian, nyawa pengendara tentunya akan lebih aman, dan fatalitas terhadap mobil bisa diminimalisir saat terjadi kecelakaan.

Salah satu teknologi keselamatan yang tengah dikembangkan ialah airbag (kantung udara) eksternal. Sejauh ini, perangkat tersebut telah diperkenalkan ZF TRW. Perusahaan tersebut mengklaim, airbag ini nantinya tak hanya melindungi penumpang mobil, namun juga pejalan kaki jika menghantam manusia saat kecelakaan.

Dilansir Inautonews, Kamis 18 Februari 2016, ZF bulan lalu memperkenalkan perangkat tersebut di ajang Electronics Show. Perusahaan menyatakan, besar harapan jika produknya bisa digunakan oleh sejumlah pabrikan mobil pada 2020 mendatang.

Saat ini, ZF mengaku masih melakukan pengembangan seputar letak yang tepat untuk menaruh perangkat airbag eksternal itu, termasuk kesempunaan inflatornya agar tak seperti buatan Takata. Saat diuji coba, perusahaan mengklaim airbag eksternal buatannya dapat menyerap energi saat tabrakan sebanyak 30 persen.

"Ini jelas menarik, teknologinya semakin baik. Saya pikir itu masuk akal untuk digunakan pada mobil utamanya yang berukuran kecil dan ukuran ke tanah rendah (sedan)," kata Steve Peterson, direktur ZF TRW.

Hingga kini baru satu produsen yakni Volvo yang menerapkan airbag eksternal ini untuk produk terbarunya yakni Volvo V40.

Faktor yang Bikin Airbag Tak Mengembang Saat Tabrakan
Rompi yang dilengkapi kantung udara buatan Helite.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Rompi dilengkapi dengan kantung udara.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016