Kantor Peugeot Digerebek Pejabat Prancis

Mobil Peugeot di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Beberapa hari belakangan ini, pabrikan otomotif dunia tampaknya sering mendapat sorotan dari pemerintahnya masing-masing.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Setelah kemarin pemerintah Jepang mendatangi kantor Mitsubishi Motors Corporation (MMC) terkait skandal penipuan data konsumsi bahan bakar, kini giliran pabrikan mobil asal Prancis, Peugeot, yang mendapat kunjungan.

Dilansir dari BBC, Jumat 22 April 2016, hari ini Peugeot memberi pernyataan bahwa tadi pagi kantor mereka didatangi beberapa orang dari pemerintah Prancis.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Tujuan kedatangan para pejabat itu adalah untuk memeriksa dugaan adanya penipuan soal kadar emisi gas buang yang dihasilkan mobil-mobil Peugeot bermesin diesel.

Menurut Peugeot, perusahaan memberi kebebasan tim yang datang untuk melakukan pemeriksaan. Setelah selesai, tim tersebut diketahui menyegel beberapa ruangan yang ada di kantor Peugeot dan menyita beberapa benda, seperti dokumen dan komputer.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Juru bicara Peugeot mengatakan, perusahaannya tidak pernah melakukan kecurangan. Mereka juga membebaskan petugas untuk memeriksa semua tempat, mulai dari kantor hingga pabrik.

Hingga kini, belum diketahui, apakah tim yang datang menemukan adanya kecurangan dalam hal emisi gas buang kendaraan Peugeot.

Sekadar informasi, awal 2016, pabrikan pesaing Peugeot, Renault, juga didatangi beberapa pejabat pemerintah. Tujuan kedatangan mereka sama, mencari bukti adanya dugaan kecurangan.

Namun, Renault dan juru bicara pemerintah Prancis mengatakan, tidak ditemukan indikasi bahwa Renault memanipulasi data emisi gas buang.

Sayangnya, kabar penggerebekan itu langsung membuat saham Renault anjlok 20 persen, meski kemudian berangsur naik hingga 10 persen di bawah level penutupan hari sebelumnya.

Beberapa negara diketahui memang tengah sibuk memeriksa pabrikan-pabrikan otomotif yang ada di negaranya masing-masing.

Hal ini dilakukan setelah Volkswagen ketahuan berbuat curang memanipulasi hasil emisi gas buang. Akibatnya, mereka diminta untuk membeli kembali ratusan ribu mobil yang sudah dilepas ke tangan konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya