Calya-Sigra Segera Diuji Tabrak

Test drive Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil low cost green car (LCGC) terbaru mereka, Calya-Sigra, di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, beberapa waktu lalu.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Dua mobil anyar ini langsung mendapat respons dari pengunjung pameran. Dibekali mesin berteknologi terbaru dan ruang interior yang mampu menampung hingga tujuh penumpang, Calya-Sigra laris dipesan konsumen.

Bahkan Daihatsu juga sudah mengundang jurnalis, termasuk VIVA.co.id, untuk merasakan langsung kenyamanan dan performa yang ditawarkan Sigra (Baca:

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Baca juga:

Namun, ada satu faktor yang belum diketahui, yakni seberapa aman dua mobil tersebut melindungi penumpangnya.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Nah untuk menjawab rasa penasaran konsumen yang sudah memesan Calya-Sigra, TAM dan ADM sudah menyerahkan beberapa unit mobil ke lembaga ASEAN New Car Assesstment Program (ASEAN NCAP) untuk diuji tabrak.

Department Head Product Planning Research and Development ADM, Meddy Hamdani mengatakan, unit yang dikirim untuk proses uji tabrak di pusat pengujian ASEAN NCAP di Malaysia merupakan tipe tertinggi.

Selain itu, unit tersebut merupakan unit produksi yang diambil dari jalur produksi yang diperuntukkan untuk uji tabrak sehingga penggunaan unit untuk uji tabrak tersebut tidak akan mengganggu jumlah distribusi unit ke diler-diler.

“Kami kirim tiga unit tipe tertinggi sejak pertengahan Agustus. Tapi yang kami kirim itu unit Calya. Satu merek saja yang menjadi perwakilan, karena sama saja bahan materialnya dengan Sigra,” ujar Meddy saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa, 23 Agustus 2016.

Ia menambahkan, ada beberapa langkah pengujian yang akan dilakukan. “Satu unit hanya sebagai pengujian awal. Dua unit lainnya untuk pengujian tabrak dari depan dan samping,” jelasnya.

Sayangnya, Meddy tidak mengetahui secara persis, kapan hasil pengujian akan dirilis ke publik. “Kalau waktu atau tanggal itu yang menentukan Daihatsu Jepang. Tapi untuk evaluasi, kira-kira akhir September ini. Dan untuk hasil akhirnya itu sekitar Oktober,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya