Mobil Karya Mahasiswa Indonesia Dites di Markas Ferrari

Turangga Cheta Ev3
Sumber :
  • dokumentasi Shell

VIVA.co.id – Tim Bumi Siliwangi – sebagai pemenang balapan mobil hemat dan cepat Shell Eco-marathon Drivers' World Championship (SEM DWC) – mendapat kesempatan untuk memamerkan mobil buatan mereka di Maranello, Italia. Itu merupakan markas Ferrari.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Mendapatkan kesempatan mengunjungi markas Ferrari, tim yang terdiri dari 10 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini telah menyiapkan mobil baru. Mobil itu diberi nama Turangga Cheta Ev4, generasi terbaru dari Turangga Cheta Ev3.

Perlu diketahui, Turangga Cheta Ev3 sendiri merupakan mobil baterai elektrik yang telah memenangkan ajang SEM DWC di London pada Juli lalu.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Mobil Turangga Cheta Ev4 sendiri akan dibuat dengan kerangka dan bodi baru yang akan memiliki bobot lebih ringan dari Ev3. Bobotnya hanya sekitar 80 kg. Sedangkan bobot Ev3 sekitar 100 kg. Bodi mobil ini lebih ringan karena terbuat dari material Full composite.

“Dengan bodi yang lebih ringan kami harapkan mobil ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil generasi sebelumnya yang mencapai jarak 78 km/kWh,” kata Amin Sobirin, Tim Manager Bumi Siliwangi.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4  juga telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta pada awal November  2016 lalu.

“Kami harapkan di Italia nanti mobil ini dapat melaju lebih cepat dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi atau meningkat dari yang sudah dicapai oleh mobil sebelumnya di SEM Asia 2016. Kita doakan agar mobil ini dapat memberi kejutan pada tim Scuderia Ferrari dan memberikan kebanggaan bagi Indonesia," lanjut Amin.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya