Mobil Jarang Dipakai, Oli Tetap Wajib Diganti

Sumber :
  • http://sidomi.com

VIVA.co.id – Masih banyak orang yang salah kaprah soal perawatan mobil. Ada yang beranggapan, oli mesin akan lebih awet jika mobil jarang digunakan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Alhasil, mereka memutuskan untuk memperpanjang waktu penggantian oli, sesuai dengan lamanya mobil terparkir di garasi.

Selain itu, komponen mobil juga dianggap lebih awet jika mobil jarang dipakai. Apakah hal itu benar?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia, Sugihendi mengatakan, oli punya umur pakai. Artinya, jika sudah lewat dari batas yang sudah ditentukan, maka harus diganti.

"Pergantian oli wajib dilakukan, agar performa mesin tetap stabil. Contoh gampang, ada yang sering dipakai, ada yang jarang dipakai. Jawabannya tergantung pada jadwal perawatan berkala," ujar Sugihendi Jakarta.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurutnya, oli yang lewat dari masa pakai, meski mobil jarang digunakan, bisa berubah menjadi kerak. Akibatnya, mesin mobil bisa berhenti bekerja.

"Makanya, perawatan berkala ada jangka waktu dan jarak. Kalau NMI, 10 ribu kilometer atau enam bulan. Ternyata, ini banyak dilupakan oleh pemakai. Mobil belum masuk bengkel kalau belum rusak," ungkapnya. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022