Ini Satu Hal Kelebihan Pelek Replika

Penggunaan pelek yang tak sesuai standar bisa membuat ABS tak bekerja maksimal. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carwheel

VIVA.co.id – Para pengguna pelek replika tentu sudah akrab dengan merek-merek ternama, seperti BBS, Enkei, Advance, dan OZ Racing. Produk-produk tersebut bisa didapat dengan ukuran sesuai keinginan, namun dengan harga yang jauh lebih murah dari produk asli.

Cara Mudah Bikin Ganteng Rocky dan Raize

Namun, satu kekhawatiran saat menggunakan produk replika adalah kekuatannya. Banyak yang menganggap, pelek replika dibuat dengan kualitas dan tingkat presisi jauh lebih rendah dari model asli.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu toko penyedia pelek impor terkenal di Jakarta, Permaisuri.

Ganti Pelek Mobil dengan Aftermarket, Ingat Satu Hal Ini

Manajer toko Permaisuri, Wibowo Santosa mengatakan, pelek replika itu kelebihannya hanya murah saja. Kata dia, murah itu enggak mewakili desain dan kualitas yang bagus.

"Kami pernah melihat pabriknya, dan ternyata, di sana itu bisa menciptakan pelek yang kualitas sama dengan asli. Tapi, untuk menekan harga, tentu kualitas diturunkan," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Cara Membedakan Pelek dari Proses Pembuatannya

Kata dia, pabrik hanya mengikuti permintaan konsumen. Bila ingin harganya murah, maka mutunya otomatis lebih rendah, mulai dari proses pembuatan sampai ke tahap akhir.

"Pelek replika mengambil model secara jiplak. Soal kekuatan atau strukturnya, ya dibuat asal mirip. Kalau bahan, sama saja, alloy," ungkapnya.

Uji jalan pelek lokal HSR Wheel

Begini Cara Uji Kekuatan Pelek Buatan Lokal

Perjalanan dilakukan bertujuan untuk melakukan pengetesan dari sisi ketahanan dan durabilitas pelek.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021