Mobil Pedesaan Rp60 Jutaan Siap Meluncur Tahun Depan

Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. Ilustrasi.
Sumber :
  • Gustomobil

VIVA.co.id – Rencana Kementerian Perindustrian mengembangkan mobil pedesaan, mendapat sambutan hangat dari Institut Otomotif Indonesia (IOI). Bahkan, IOI memberikan beberapa masukan, agar proyek mobil pedesaan bisa berhasil.

Persaingan Mobil Listrik Murah Diprediksi Memanas, MG Siap Ikut

Tak hanya memberi masukan, IOI juga saat ini tengah mempelajari lebih dalam terkait produksi dan pengembangan produk.

"Sekarang sedang dijajaki dengan beberapa pihak di Indonesia, dan kami sedang pelajari. Untuk fase pertama itu adalah kerja sama. Tapi intinya, kendaraan pedesaan ini digunakan untuk membantu kehidupan kesejahteraan para petani di desa," kata Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, di Jakarta.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Saat disinggung mengenai realisasi mobil perdesaan tersebut, Made mengatakan, akan memilih salah satu hasil karya anak bangsa melalui lomba yang diselenggarakan.

"Kami ingin kendaraan pedesaan ini murni dari rakyat Indonesia. Sumbernya dari masyarakat dan semuanya Indonesia. Rencananya, 3-5 Maret kami akan nilai dari hasil lomba. Semua perguruan tinggi, mahasiswa dan dosen boleh bersatu untuk membuat desainnya," ujarnya.

Segini Harga Seken Mobil Termurah di Indonesia

Untuk purwarupa kendaraan, Made menjelaskan, bila bulan Mei atau Agustus rencananya sudah bisa terwujud. “Targetnya di 17 Agustus 2017 sudah jadi, termasuk mesin," katanya.

Terkait jantung pacunya, mobil pedesaan rencananya akan menggendong mesin diesel berkapasitas 600cc. Untuk harga, kisarannya yakni Rp60 jutaan. (ase)

Daihatsu Ayla 1.0 M

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Mobil tersebut dibanderol mulai dengan harga Rp130jutaan di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024