Tata Motors Siap Bantu Program 'Mobil Murah untuk Pedesaan'

Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. Ilustrasi.
Sumber :
  • Gustomobil

VIVA.co.id – Program pemerintah untuk melahirkan mobil pedesaan mendapat dukungan banyak kalangan. Dalam beberapa bulan ke depan, pemerintah akan menerima desain-desain mobil pedesaan dari beberapa universitas yang terlibat.

Tengok Kerennya Mobil Baru yang Jadi Rival Fortuner

Jika desain-desain sudah diterima, pemerintah tinggal menunjuk pabrikan mana yang siap untuk produksi massal hasil karya anak bangsa tersebut. Salah satu pabrikan mobil yang mengaku siap mewujudkannya adalah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI).

"Kita sangat tertarik untuk bergabung. Di India kami punya kendaraan pedesaan. Kami yakin kendaraan kami akan diterima dengan baik di Indonesia, sehingga kami sangat siap," kata Presiden Direktur PT TDMI, Biswadev Sengupta.

Pakai Teknologi Land Rover, Penantang Fortuner Ini Ganti Nama

Ia pun menuturkan persiapan Tata yang sudah matang. "Semuanya sudah siap baik soal spare part dan lain-lain. Ini (mobil pedesaan) juga harus menguntungkan untuk konsumen baik konsumsi bahan bakar, harga, dan lain-lainnya," tuturnya.

Menurutnya, mobil pedesaan memiliki mesin yang kapasitasnya di bawah 1000 cc, atau dengan mesin yang kecil. "Mobil pedesaan itu tidak akan berkendara jauh, karena hanya untuk ke pasar. Ini akan berpengaruh ke harga, karena mereka juga belum tentu bisa membeli kendaraan yang mahal."

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Maka, lanjut dia, Tata Motors sudah pernah bilang ke pemerintah untuk melahirkan mobil pedesaan. "Kami siap bekerjasama, tapi kami tidak bisa mengatakannya saat ini, kami memiliki basis untuk mobil pedesaan di India," katanya.

(ren)

Mobil Tata Punch.

Uniknya Pintu Mobil Rp100 Jutaan Pesaing Ignis Ini

Mobil baru yang masuk dalam kategori micro SUV dan jadi pesaing Ignis itu, bakal meluncur tidak lama lagi di India.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2021