Mobil Pertama Esemka Segera Meluncur, Ini Jadwalnya

Mobil Esemka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Setelah peluncurannya sempat tertunda, mobil cita rasa nasional Esemka tak lama lagi dijadwalkan akan dirilis di Tanah Air. Managing Director PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Hosea Sanjaya mengatakan, peluncuran akan dilakukan dalam hitungan bulan ke depan.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

"Masih pikap pedesaan (mobil pertama yang diluncurkan). Ada dua kapasitas mesin yang berbeda. Nama mobilnya Adia," kata Hosea saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut Hosea, peluncuran akan dilakukan pada Agustus 2017 mendatang. Meski demikian, dia tak mau merinci, apakah Esemka akan diluncurkan memanfaatkan ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang akan dilangsungkan 10-20 Agustus mendatang.

Lihat Mobil Ini Diangkut Polisi, Netizen Sebut Gaib

"Kami tidak penting bicara di GIIAS, karena kami tidak perlu global image. Yang pentingkan bagaimana kami di market," ujar Hosea.

Sebelumnya Hosea menegaskan jika Esemka bukan merupakan mobil nasional. Statusnya, PT ACEH menyebut Esemka sebagai mobil Indonesia. "Esemka itu bukan mobil nasional, tapi mobil Indonesia," kata Hosea.

Ignasius Jonan Beli Esemka, Satu Garasi Bareng Mobil Rp1 Miliar

Maksud Esemka dari mobil Indonesia, berarti produk yang lahir dan diproduksi di Tanah Air. Esemka dikatakan lahir dengan memanfaatkan pemberdayaan lokal hingga kolaborasi dengan komponen Original Equipment Manufacturer (OEM).

"Mobil yang bisa dilahirkan dan diproduksi di Indonesia, merek Indonesia. Industri mobil itu ada definisinya, yaitu suatu industri di bidang otomotif yang mengelola reputasi mengenai kualitas, posisi suatu merek yang kapitalisasi Original Equipment Manufacturer atau OEM, di mana pun selalu melakukan pemberdayaan lokal nasional, sehingga memberikan nilai tambah," ujar Hosea.

Mobil SUV buatan VinFast

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

Proyek bomnas Vietnam diberi nama Vinfast.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2020