Ini Mobil yang Paling Banyak Diproduksi Honda Indonesia

Booth Honda di GIIAS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – 2017 menjadi tahun yang tak terlupakan bagi PT Honda Prospect Motor. Bagaimana tidak, tahun ini mereka berhasil mencapai satu juta produksi mobil di pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

Honda Tegaskan Masih Jual Mobilio, Cuma Buat Taksi?

Kontribusi terbesar terkait produksi mobil, diungkapkan Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM, Jonfis Fandy, disumbangkan oleh city car Jazz. 

"Honda Jazz, mungkin sekitar 27 persen. Kedua Mobilio, sekitar 17 persen. Untuk yang satu juta unit itu Mobilio RS, tapi enggak ada tandanya," kata Jonfis, Senin, 27 Februari 2017.

Honda Mobilio Hilang dari Daftar Penjualan, Setop Produksi?

Uniknya, satu juta unit yang diproduksi itu semuanya dijual di dalam negeri. Terkait ekspor, Honda hanya mengirimkan komponen-komponen saja, seperti mesin (kepala dan blok silinder) dan bodi (kap mesin, panel dalam dan rangka kap). 

"Negara-negara yang jadi tujuan ekspor itu seperti Jepang, Brasil, Argentina, Vietnam, dan Thailand. Untuk Eropa belum," ujarnya.

Honda Kabarnya Bakal Luncurkan Mobil Baru di IIMS 2022

Sebagai informasi, Honda memulai produksi di Indonesia pada Februari 2003 silam. Pabrik pertama dibangun di atas lahan seluas 512.500 meter persegi dan luas bangunan 80.324 meter persegi. Memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun, investasi yang digelontorkan saat itu mencapai Rp700 miliar. 

Pada 2012, HPM kembali mendirikan pabrik kedua dengan total luas bangunan 145.760 meter persegi. Investasi untuk pabrik tersebut mencapai Rp3,1 triliun. Diresmikan pada Januari 2014, kapasitas produksinya mencapai 200 ribu unit per tahun. 

Honda Brio Satya di GIIAS 2021.

Harga Terbaru Honda Brio Usai Kena Diskon PPnBM di 2022

Honda Proscpect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia, telah mengeluarkan harga terbaru untuk Honda Brio yang kena PPnBM lagi.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022