Kemenperin Pilih Lima Desain Mobil Pedesaan Terbaik

Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. Ilustrasi.
Sumber :
  • Gustomobil

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, bekerja sama dengan Institut Otomotif Indonesia, menggelar lomba desain mobil pedesaan. Proyek mobil pedesaan sengaja digulirkan, untuk memberikan solusi kendaraan bagi masyarakat desa.

Wah, Ada Bayi Namanya Mirip Mobil Pedesaan

Dari 21 desain yang diajukan oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi, Kemenperin telah menetapkan lima desain, yang nantinya akan diseleksi lagi ke tahap nominasi. 

Lima desain yang lolos tersebut, yaitu Argani Grand Pick Up oleh tim Telkom University, Waprodek Disel oleh tim Institut Teknologi Surabaya (ITS), Mobil Desa Serbaguna oleh tim Universitas Negeri Semarang (Unnes), Mobil Multifungsi Pedesaan Diponegoro dari tim Universitas Diponegoro (Undip), dan Mobil Desa Nasional oleh tim Unnes. 

Kendaraan Pak Tani Ikut Kontes Modifikasi

“Berdasarkan penilaian juri, panitia memutuskan lima desain tersebut berhak maju ke tahap berikutnya untuk ditetapkan sebagai pemenang. Kelima nominator akan diminta untuk membuat mock-up atas desain mereka, dengan biaya yang ditanggung IOI. Masing-masing sebesar Rp5 juta,” kata Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, dalam keterangan resminya, Jumat 3 Maret 2017. 

Menurut Made, lomba desain mobil pedesaan ini cukup mendapatkan respons positif dari kalangan perguruan tinggi. “Ini menunjukkan, keberadaan kendaraan pedesaan mendapat perhatian besar dari kalangan generasi muda,” ujarnya.

Kendaraan Baru Pak Tani Pakai Dasbor Canggih

Untuk tahap selanjutnya, pemenang lomba desain ini akan diumumkan pada hari terakhir penyelenggaraan Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor, yang diselenggarakan di Bali Creative Industri Center (BCIC), Denpasar, 7-12 Maret 2017. (asp)

Modifikasi AMMDes

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Menggunakan AMMDes.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2020