Setelah Datsun GO, Giliran Chevrolet Gagal Lolos Uji Tabrak

Uji tabrak Chevrolet Enjoy.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Beberapa tahun lalu, pencinta otomotif di dunia dibuat heboh dengan kabar mengenai mobil buatan Datsun, yakni GO, yang diproduksi di India.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Saat diuji tabrak oleh badan keselamatan internasional, Global New Car Assesstment Program atau NCAP, mobil yang di Indonesia masuk dalam kategori mobil murah ramah lingkungan (LCGC) itu gagal mendapat bintang sama sekali.

Absennya kantung udara dan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) membuat GO dianggap sebagai mobil yang tidak aman. Datsun sempat mengajukan keberatan, namun akhirnya mereka memilih membekali GO dengan kantung udara.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Kini, hal yang sama terjadi lagi. Dilansir dari Rushlane, Selasa 7 Maret 2017, giliran mobil merek Amerika Serikat, Chevrolet, yang gagal mendapat bintang. Mobil yang dimaksud yakni Chevrolet Enjoy, mobil keluarga (MPV) yang dibuat di India.

Sama seperti GO, Enjoy tidak dibekali dengan kantung udara. Saat diuji tabrak, kepala dan dada penumpang dewasa tidak terlindungi dengan baik. Bahkan, lutut bisa terantuk dengan dasbor dan menimbulkan cedera serius.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Untuk perlindungan pada anak-anak, mobil tersebut mendapat dua bintang. Bodi mobil disebutkan tidak stabil meredam hantaman, sehingga berpotensi rusak dan tidak bisa melindungi penumpang lebih jauh.

Enjoy adalah produk MPV yang dibuat oleh Chevrolet hasil kerja sama dengan pabrikan mobil asal China, Wuling. Mobil itu memiliki kesamaan dengan Wuling Hong Guang, baik dalam hal bentuk maupun teknologi.

Hong Guang disebut-sebut akan menjadi produk perdana Wuling untuk Indonesia. Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti soal fitur keamanan yang disematkan. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya