Honda dan Daihatsu 'Kebut-kebutan' Jual Mobil Keluarga

New Honda Mobilio.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Mobil keluarga masih menjadi favorit konsumen di Indonesia. Kendaraan ini umumnya dirancang dengan kapasitas angkut untuk barang maupun penumpang yang lebih lega dari kendaraan jenis lainnya.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Salah satu jenis mobil keluarga adalah low multi purpose vehicle (LMPV). Mobil tipe ini biasanya dirancang dengan bangku tiga baris untuk menampung tujuh orang penumpang.

Bentuknya beragam, ada yang kompak dan ada pula yang mengadopsi model kotak (boxy design). Dengan disematkan fitur canggih dan ditawarkan dengan harga terjangkau, tidak heran apabila mobil tipe ini laris manis di pasar otomotif nasional.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, penjualan mobil tipe LMPV pada tiga bulan pertama di 2017 mencapai 71.986 unit.

Dari Januari hingga Maret, angkanya terus naik, yakni 19.649 unit pada Januari, 25.111 unit pada Februari dan 27.226 unit pada bulan selanjutnya.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Toyota Avanza tetap menjadi juara di segmen ini, dengan angka penjualan secara wholesales atau dari pabrik ke diler sebesar 35.713 unit. Posisi kedua ditempati Honda Mobilio dengan angka 14.204 unit, dan disusul Daihatsu Xenia sebanyak 11.382 unit. 

Persaingan Mobilio dan Xenia memang terus terjadi sejak tiga tahun lalu. Di 2014, total penjualan Mobilio mencapai lebih dari 79 ribu unit, jauh mengungguli Xenia yang hanya meraih 46 ribuan unit. Hal yang sama terjadi di tahun berikutnya, Mobilio terjual sebanyak 42 ribuan unit, sementara Xenia 36 ribuan unit.

Posisi kemudian berbalik di 2016, Xenia berhasil unggul dengan 44 ribuan unit dan berhak menduduki peringkat kedua penjualan LMPV. Mobilio harus puas di posisi tiga, karena hanya laku 39 ribuan unit saja. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya