Indonesia Belum Siap Produksi Mobil Hibrida, ini Sebabnya

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mobil yang dijual di Indonesia saat ini bukan hanya yang bermesin konvensional, ada juga yang jenis hibrida. Kendaraan hibrida dirancang dengan menggunakan dua jantung penggerak, yakni mesin konvensional yang dikombinasikan motor listrik.

Harga Terbaru Honda Brio Usai Kena Diskon PPnBM di 2022

Meski di Indonesia sudah mulai dijual mobil hibrida, direktur pemasaran dan layanan purnajual PT HPM, Jonfis Fandy, mengungkapkan bahwa mobil ramah lingkungan tersebut belum bisa diproduksi di Indonesia. Kenapa?

"Sampai sekarang saya rasa belum ada Agen Pemegang Merek (APM) yang siap untuk melakukan produksi mobil hibrida," ujar Jonfis.

Honda Tegaskan Masih Jual Mobilio, Cuma Buat Taksi?

Secara teknologi, lanjut dia, pabrikan mobil yang menjual produknya di Indonesia mungkin sudah siap dengan mobil hibrid. Hanya saja, agen pemegang merek harus menghitung nilai ekonomisnya dan mempelajari lebih dalam jika ada rencana memproduksi mobil hibrid di Indonesia.

“Apalagi kalau dicanangkan parts sampai 80 persen konten lokalnya. Saya rasa sih berat ya," ujar Jonfis.

Honda Mobilio Hilang dari Daftar Penjualan, Setop Produksi?

Jika berkaca pada Jepang, yang juga memproduksi mobil hibrid, dikatakan Jonfis, pemerintahnya memberikan insentif khusus sehingga harga mobil hibrid bisa ditekan UntuK menarik minat konsumen.

"Makanya saya bilang harus pelajari dulu. Kalau kayak di Jepang, ada Jazz dan HR-V mesin konvensional dan hibrid. Tapi dengan subsidi dari pemerintah, harganya hampir setara dan konsumen cenderung memilih ke sana (mobil hibrid)," tutur Jonfis. (ren)

Nissan Juke versi Hybrid

Nissan Juke Terbaru Meluncur dengan Mesin Hybrid

Nissan akhirnya resmi meluncurkan Nissan Juke terbaru dengan mesin hybrid untuk pasar Eropa. Mobil ini pun diklaim lebih hemat konsumsi bensin.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2022