Konsumen Mulai Peduli Pada Fitur Keselamatan Mobil

Suzuki Ignis
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Tidak seperti zaman dulu, mobil-mobil yang masuk dalam kategori terjangkau saat ini sudah dibekali berbagai fitur keamanan canggih.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru

Contohnya Suzuki Ignis, Honda Brio, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla, yang versi terbarunya sudah memiliki sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), kantung udara dan sabuk pengaman tiga titik.

Bahkan, Ignis juga dibekali dengan sistem electronic brakeforce distribution atau EBD, yang berfungsi membagi tekanan rem secara otomatis sesuai kebutuhan roda.

Mau Beli Motor Bingung soal ABS dan CBS, Ini Perbedaannya

Menurut Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi empat roda, Rifkie Setiawan, alasan pabrikan mobil menyematkan fitur keselamatan pada mobil-mobil yang dijual dengan harga relatif terjangkau itu karena kebutuhan konsumen.

Menurutnya, konsumen saat ini sudah sangat paham dengan pentingnya fitur keselamatan pada mobil. Bahkan, jumlah konsumen yang memiliki pemikiran seperti itu saat ini ada sekitar 20 persen.

Mengenal Apa Itu Rem ABS di Motor dan Bagaimana Perawatannya

"Ini yang menyebabkan kami memperhatikan ini (fitur keselamatan). Misalkan, meluncurkan produk yang lebih rendah (spesifikasinya) dari kompetitor, kan enggak lucu. Jadi, kami lihat kompetitor juga," ujarnya di Jakarta Pusat, Selasa 25 April 2017.

Menurutnya, saat ini banyak sekali konsumen yang menanyakan soal fitur canggih, bahkan pada mobil kelas entry level atau tipe paling rendah sekalipun. "Ini (mobil) sudah ada ABS dan airbag belum. Nah, sekarang itu (konsumen) pergeseran banget," tuturnya. (ren)

honda

Komparasi Honda Stylo 160 CBS dan ABS

Sesuai dengan fitur yang ditawarkan, Honda Stylo 160 ABS dibanderol dengan harga Rp30.425.000, sedangkan CBS lebih terjangkau di harga Rp27.550.000.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024