Puasa Belum Mulai, Mobil Rental Sudah Kebanjiran Order Mudik

Ilustrasi rental mobil
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Mudik ke kampung halaman merupakan salah satu ritus akbar tahunan yang kerap dilakoni banyak penduduk di Tanah Air. Momentum itu dimanfaatkan banyak warga untuk bertemu orangtua, sanak saudara, serta handai taulan yang lama tak jumpa.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Ada beberapa jenis transportasi yang dipilih masyarakat untuk sampai ke kampung halaman. Salah satunya adanya mobil rental yang dianggap lebih privat ketimbang pulang kampung menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, hingga kapal laut. Selain itu, mobil juga bisa digunakan di kampung halaman untuk wara-wiri atau sekadar plesiran serta menyambangi sanak saudara lainnya.

Meski bulan ramadan masih dalam hitungan pekan, namun rental mobil ternyata sudah diserbu banyak peminat. Seperti halnya yang diakui beberapa rental mobil di Jakarta Utara, salah satunya A3 Rental, yang terletak di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. "Untuk tahun ini, sejak empat bulan sebelum puasa itu sudah full booking," kata Arman Juliansyah, pemilik A3 Rental kepada VIVA.co.id, Selasa 16 Mei 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Menurutnya, mobil dengan kapasitas kabin luas seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) masih jadi primadona para pemudik tahun ini. Selain dapat menampung banyak penumpang, bagasi yang ditawarkan juga dirasa cukup lapang. Di rentalnya, bukan Avanza yang menjadi favorit konsumen, melainkan jenis Ertiga dan Innova. "Tetap mobil keluarga yang banyak dicari, tapi Avanza untuk tahun ini kurang diminati. Konsumen lebih banyak mencari Innova dan Ertiga," ujar Arman.

Untuk memudahkan konsumen dan bagian dari strategi bisnisnya, perusahaan rental menawarkan sistem paket Lebaran dengan lama sewa selama empat, tujuh, dan 10 hari.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021