Bayar Asuransi Mobil Lebih Murah Jika Pasang Kamera Dasbor

Ilustrasi kamera dasbor.
Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id – Banyak pemilik mobil saat ini memasang kamera pada dasbornya. Tujuannya adalah untuk merekam kejadian unik yang kebetulan terjadi saat mereka melintas.

Dashcam Baru Ini Cocok untuk Mudik, Harga Rp900 Ribuan

Beberapa juga melakukannya untuk menujukkan keahlian mereka mengemudi dengan kecepatan tinggi. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang gemar balapan di sirkuit.

Namun ternyata, memasang kamera dasbor juga memberi keuntungan lebih pada pemilik kendaraan. Hal ini berlaku di Thailand, seperti dilansir dari Paultan, Rabu 24 Mei 2017.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Pemerintah Negeri Gajah Putih itu baru-baru ini mengeluarkan peraturan mengenai kamera dasbor. Dalam aturan itu, tercantum bahwa setiap pemilik mobil yang memasang kamera di dasbor akan mendapatkan keuntungan berupa pengurangan biaya premi asuransi.

Besaran pengurangan biaya premi yang ditentukan memang tidak banyak, yakni 5-10 persen saja. Namun, hal itu dianggap cukup ampuh untuk menarik minat pemilik mobil.

Kamera Dasbor Baru Berteknologi AI Meluncur di IIMS 2024

Alasan pemerintah Thailand mengeluarkan aturan tersebut adalah untuk memudahkan pihak kepolisian dan asuransi saat menyelidiki penyebab kecelakaan lalu lintas.

Dengan adanya kamera, maka semua kejadian bisa terekam, sehingga pihak-pihak terkait lebih mudah mencari penyebabnya. Untuk bisa mendapatkan potongan premi, pemilik mobil harus bisa menunjukkan bukti pemasangan perangkat kamera tersebut.

 Selain itu, mereka juga diwajibkan mengoperasikan kamera setiap mobil digunakan di jalan raya dan berlaku selama mobil masih terlindungi asuransi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya