Pasar Mobil Jepang di Indonesia Bisa Goyang Gara-gara Ini

Tesla Model X
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Ketertarikan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo, terhadap mobil listrik Tesla Model X membuat dia mendesak pemerintah soal aturan mobil listrik di Tanah Air.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

Seperti diketahui, tanpa adanya insentif dari pemerintah, Sport Utility Vehicle (SUV) bertenaga listrik ini dibanderol US$200 ribu, atau sekitar Rp2,6 miliar. Sementara, di Amerika Serikat dibanderol tidak sampai setengahnya.

“Saya tertarik ikut memiliki juga (Tesla Model X). Harus ada insentif dari pemerintah, agar harganya lebih murah, pasti nanti lebih terjangkau. Tapi, memang akan memukul industri mobil Jepang,” ujarnya saat teleconference di Pluit, Jakarta Utara. 

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Menurut politikus yang akrab dipanggil Bamsoet itu, harga Tesla Model X di Amerika Serikat hanya US$80 ribu atau sekitar Rp1 miliaran. Maka, kata dia, harusnya pemerintah memberikan insentif inovasi pada kendaraan yang memiliki teknologi canggih.

“Saya sebagai pengurus Kadin yang punya kepentingan ekonomi agar bagus dan baik, mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian khusus pada program ini (aturan mobil listrik dan rendah emisi),” tutur Wakil Ketua Umum Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Antar Lembaga itu.

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Mneurutnya, program mobil listrik dulu sudah dimulai oleh Dahlan Iskan. “Cuma, memang karena tidak didukung oleh pemerintah, maka program ini antara ada dan tiada. Padahal, ini penting,” tuturnya. 

Mobil listrik Honda Ye Series  di China

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Honda baru saja memperkenalkan lini model mobil terbarunya yang dinamakan Ye Series untuk pasar China, ada 3 model yang dikenalkan dan siap menjegal BYD di pasar China.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024