Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 16:05 WIB
  • Jaguar Takut Jual Mobil Disel di Indonesia, ini Alasannya

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Pius Yosep Mali
Jaguar Takut Jual Mobil Disel di Indonesia, ini Alasannya
Photo :
  • Dok: Jaguar
Jaguar F-Pace.

VIVA.co.id – Distibutor resmi mobil Jaguar Land Rover, PT Wahana Auto Ekamarga, berencana melengkapi varian Jaguar F-Pace. Meski demikian, varian baru yang dihadirkan bukan bermesin diesel, tetapi bensin dengan kapasitas lebih kecil.

Sport Utility Vehicle (SUV) Jaguar F-Pace yang akan diboyong ke Tanah Air dibekali mesin bensin berkapasitas 2.000cc. Sementara saat ini PT WAE juga sudah menjual F-PACE bermesin bensin dengan kapasitas 3.000cc.

Chief Operating Officer PT WAE, Roland Staehler, mengungkapkan, dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, harga mobil tentu bisa lebih terjangkau meski tetap tak menghilangkan sensasi berkendara khas mobil Jaguar.

"Permasalahannya kalau kami hanya menjual F-Pace  mesin 3,0 liter, harganya mahal dan pasarnya sangat kecil. Maka kami mencoba datangkan sesuatu yang lebih atraktif, dengan harga yang lebih rendah," ujar Roland di Jakarta.

Roland mengatakan, pihaknya belum memiliki waktu pasti untuk peluncuran mobil, hanya diharapkan mobil bisa tiba di Tanah Air sebelum akhir tahun. "Untuk waktunya, Saya belum tahu pasti kapan akan launching. Tapi saya rasa bisa di Oktober,” kata dia.

Permintaan Rendah

Lalu, apa alasan produsen mobil Inggris ini masih enggan memasarkan SUV Jaguar F-Pace diesel untuk orang-orang kaya di Indonesia? Roland mengatakan, segmen mobil Jaguar sangat sedikit konsumen yang menginginkan mobil bermesin diesel.

"Soal mesin diesel,  kami tidak punya pengalaman yang baik dengan model lainnya. Demand rendah, dan harganya juga tidak pas. Jadi kalau memperhatikan unsur sportynya,memang lebih baik membawa mesin bensin dibandingkan mesin diesel. Mesin bensin lebih banyak yang tertarik," kata Roland.

Dari laman resmi Jaguar, diketahui F-Pace memiliki beberapa pilihan mesin diesel, yakni mesin diesel turbo 2.0 liter 163 ps rear wheel drive dengan transmisi manual, mesin diesel turbo 2.0 liter 180 ps rear wheel drive bertransmisi otomatis, mesin diesel turbo 2.0 liter 180 ps all wheel drive dan transmisi manual.

 Ada juga pilihan mesin diesel turbo 2.0 liter 180 ps all wheel drive dengan transmisi otomatis. Serta yang paling bertenaga mesin diesel 2.0 liter twin turbo 240 ps dengan transmisi otomatis dan  penggerak all wheel drive. (ren)