Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 13:56 WIB
  • Wuling Dijual Rp130 Jutaan, Penjual Mobil Bekas Ketar-ketir?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Wuling Dijual Rp130 Jutaan, Penjual Mobil Bekas Ketar-ketir?
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali
Wuling Confero S.

VIVA.co.id – Pasar otomotif Tanah Air tak lama lagi akan diramaikan pendatang baru roda empat, jenama asal China. Mobil tersebut yakni Wuling Confero S yang bakal dijual dengan banderol mulai Rp130 jutaan sampai Rp165 jutaan. Meski belum meluncur, calon konsumen yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan di pameran Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta.

Ada sebagian pihak menilai, harga murah yang ditawarkan akan memukul telak pasar penjualan mobil bekas. Sebab harganya mirip-mirip seiringan dengan banderol sejumlah mobil bekas yang banyak ditawarkan pedagang. Namun ssumsi ini langsung ditepis pedagang mobil bekas.

"Menurut saya enggak ada masalah, adanya mobil China Wuling sama jualan mobil bekas. Walaupun harganya mirip-mirip ya," ujar Nela Anggraini, pemilik showroom mobkas Nusa Indah Mobil di Duren Sawit, Jakarta Timur, kepada VIVA.co.id, Jumat 16 Juni 2017.

Nela mengatakan, dengan harga jual yang rendah, memang bukan tidak mungkin akan mempengaruhi penjualan mobkas. Hanya saja pasar mobil bekas sudah memiliki konsumen sendiri. "Pengaruh ada pasti. Cuma kan konsumennya sudah ada sendiri-sendiri. Dan konsumen pasti akan pikir-pikir, kalau mobil baru China dibandingkan mobil bekas merek Jepang," kata Nela.

Sementara itu, manajer senior sentra mobkas WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih meyakini, pasar mobil bekas tidak akan mendapat pengaruh besar hanya karena ada mobil baru berbanderol murah dari China.

"Orang kalau mau beli Wuling pasti mikirin aftersales, mau servis di mana dan suku cadang bagaimana. Beda dengan dia beli mobil bekas, kan sudah jelas. Konsumen punya pengalaman dengan merek China kan bukan baru ini. Jadi enggak akan pengaruh lah," kata Herijanto.