Berebut Pasar Mobil Murah, Mana Paling Laris?

Mobil LCGC Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Salah satu faktor yang jadi pertimbangan konsumen saat memilih mobil adalah harganya. Mobil baru di segmen low cost green car (LCGC) memiliki banderol di kisaran Rp100 sampai Rp150 juta.

Suzuki Siapkan Mobil Baru Pengganti Karimun, Demi Saingi Brio?

Tak heran jika penjualannya kian bersinar di 2017. Apalagi ditunjang dengan semakin lengkapnya fitur yang disematkan, mulai dari hiburan hingga sistem keamanan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil LCGC berhasil terjual ribuan unit selama Mei 2017. Ada dua jenis mobil yang masuk kategori LCGC, yakni hatchback dan multi purpose vehicle (MPV).

10 Mobil yang Berpotensi Jadi Mobil Rakyat Versi Kemenperin

Perbedaan ada pada kapasitas penumpang. Hatchback hanya bisa diisi lima penumpang, sementara MPV mampu memuat hingga tujuh orang tentunya.

Di segmen hatchback, Honda Brio Satya menempati urutan pertama mobil LCGC terlaris, dengan penjualan 4.531 unit. Posisi kedua dan ketiga ditempati Toyota Agya dengan penjualan 4.151 dan Daihatsu Ayla 2.699 unit.

PLN: Program LCGC Lebih Tepat untuk Mobil Listrik

Sementara, di posisi bawah ada Datsun Go karena hanya mampu mencetak angka penjualan 236 unit serta Wagon R yang hanya laku sebanyak 409 unit.

Untuk model MPV, Toyota Calya menduduki posisi paling atas dengan penjualan 5.317 unit. Sedangkan Daihatsu Sigra di angka 2.374 unit dan Datsun GO+ Panca 584 unit.

Dari data tersebut, terlihat bahwa penjualan mobil berkapasitas tujuh penumpang di kelas LCGC mengalahkan versi lima penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya