Penjelasan Kenapa Mobil Berusia 3 Tahun Rawan Dipakai Mudik

Mesin overheat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ottodasbor.com

VIVA.co.id – Jika ingin mudik menembus ratusan kilometer perjalanan, kondisi mobil tentu harus prima. Maka diperlukan pemeriksaan menyeluruh pada setiap komponen mobil mulai dari mesin, kaki-kaki, kelistrikan sampai sistem pendingin.

Terpopuler: Narkoba Berhamburan dari Mobil Polisi, Bahaya Nyetir Pakai Jeans Ketat

Terlebih mobil tersebut sudah memiliki umur di atas tiga tahun, jadi jangan heran kalau tahun lalu banyak mobil yang secara fisik masih terlihat bagus, tapi mesin sudah mengalami overheat di ruas tol Brebes Timur (Brexit).

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan umur mobil yang sudah di atas tiga tahun jika mengalami overheat karena beberapa komponen di sistem pendinginnya tidak berfungsi maksimal.

Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

“Perlu dipastikan kondisi cooling fan motor radiatornya. Di motor radiator itu kan ada brush-nya, dan brush-nya ini kan bergesekan terus,  dan bisa habis dan kotor. Kalau habis atau kotor, bisa membuat putaran motor tak optimal,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis 22 Juni 2017.   

Labih lanjut, Anjar menjelaskan rata-rata saat mobil yang mengalami overheat karena terjebak macet itu tidak ada asupan udara dari depan ke ruang mesin. Dan penyebab lainnya overheat, karena cooling fan motor enggak beputar optimal.                   

Bahan Bakar dan Oli Bisa Bikin Mesin Mobil Overheat

“Caranya bisa diketok saja dahulu fan motornya agar kotoran yang menghambat brush bisa dilepas setelah itu biasanya temporary motornya bisa lancar lagi. Tapi setelah itu segera ke bengkel terdekat,” katanya.

Menurut Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor jika mobil sudah lawas harus berhati-hati dengan fan radiator. Kata dia, kalau lemah putarannya ketika mobil terjebak macet akan overheat.

“Ya karena tidak cukup mendinginkan radiator dan kondesor. Makanya orang kalau overheat, dia matikan AC, agar beban fan berkurang,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya