Waspada, Banyak Pemudik yang Baru Bisa Nyetir

Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi saat mudik lebaran tidak terlepas dari cara berkendara. Maklum, karena antusiasme tinggi ingin pulang ke kampung halaman terkadang membuat beberapa pemudik nekat menyetir mobil atau mengendarai motor sendiri meski belum berpengalaman.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Menurut Jusri Pulubuhu sebagai penggiat Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), dalam beberapa kasus kecelakaan yang terjadi saat mudik terkadang dipicu kurangnya pemahaman berkendara sehingga gagal menyikapi situasi dan kondisi. Kata dia, stigma kecelakaan terjadi karena jalan dan kendaraannya harus diubah.

“Kita perlu sadari pada saat mudik ini banyak pengemudi motor dan mobil yang belum berpengalaman. Pastinya mereka bukan pengendara motor sebelumnya dan bukan pengemudi mobil sebelumnya,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Jusri mengatakan bahwa tak sedikit pemudik yang menjalani ritual tahunan ini berstatus ‘pendatang baru’ untuk urusan mengendarai motor dan mobil. Ada juga yang baru naik kelas dari pengguna motor menjadi pengendara mobil.

“Jadi bagi orang-orang yang ada di jalan perlu menyadari bahwa di kanan kiri atau di depan saat melakukan perjalanan mudik baik itu mobil atau motor bisa bertemu mereka yang baru membawa kendaraan. Mereka disebut green bikers atau green driver (adalah kelompok pemula yang mengemudi di bawah 18 bulan),” katanya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022