Jangan Baca Ini jika Anda Bukan Penyuka Mobil Tua

Pose seorang super model di depan mobil tua.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Banyak alasan mobil tua atau klasik digemari banyak orang. Namun, tak dipungkiri faktor usia membuat mobil-mobil 'jadul' sangat merepotkan dalam perawatan.

KPK Sita 1 Mobil Lagi Milik Andhi Pramono yang Diumpetin di Bengkel, Chevrolet BLR 58

Mobil-mobil jadul ini tentu membutuhkan perawatan khusus, sehingga dibutuhkan tips untuk menjaga mobil kesayangan. Dan tips dari Ekky, pemilik bengkel Jayapura Duta Mas di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan ini, dapat menjadi perhatian.

"Sebenarnya merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit, namun kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” kata Ekky kepada VIVA.co.id. Menurut Ekky, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Terpopuler Otomotif: Parade Sepeda Motor Baru 2023, Kecelakaan Pertama Tesla Cybertruck

Berikut lima cara ampuh untuk merawat mobil klasik atau 'jadul' menurut Ekky:

1. Teliti mengganti oli

Ferrari Kuasai Daftar Mobil Klasik Termahal Tahun 2023

Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena oli sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan. Mobil tua tentu lebih baik apabila melakukan pergantian oli setiap menempuh jarak 2.500 kilometer.

2. Selalu periksa kaki-kaki mobil

Mobil-mobil tua rata-rata rentan bermasalah pada kaki-kaki mobil. Hal itu ditandai dengan bunyi yang tentu sangat mengganggu. Perawatan dan pengecekan berkala dibutuhkan untuk bagian ini.

3. Rawat cat 

Mobil tua biasanya akan punya cat yang memudar. Untuk mengatasi itu, pengecatan ulang perlu dilakukan. Masalahnya kualitas pengecatan ulang tentu tak semulus dan sebagus aslinya. Karena itu usahakan memakai penutup atau pelindung mobil saat tengah diparkir.

4. Instalasi listrik

Masalah lain yang kerap timbul pada mobil tua adalah gangguan sistem elektriknya. Kabel terkadang tidak dalam kondisi bagus dan kerap memicu korsleting pada mesin.

5. Perhatikan ring seher

Permasalahan pada mobil tua juga terjadi pada ring seher. Perawatan dan pemeriksaan berkala diperlukan untuk menghindari kendaraan tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya