Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 13 Juli 2017 | 15:08 WIB
  • Waspada Banyak Aki GS Palsu Beredar di Pasaran

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Waspada Banyak Aki GS Palsu Beredar di Pasaran
Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Memilih Akumulator (Accu) Yang Baik

VIVA.co.id – Belakangan di pasaran otomotif, ternyata marak beredar aki palsu. Salah satu merek yang sering dipalsukan adalah GS Astra. Atas hal ini, PT Astra Otoparts mengaku merugi, karena marak versi kloningannya yang dijual dengan harga lebih murah atau sama, namun kualitas lebih rendah.

Ditambah, banyaknya ketidaktahuan konsumen membedakan mana aki GS Astra asli maupun abal-abal. Kerugian tentu saja bukan datang pada Astra Otoparts, namun juga konsumen setianya.

Menurut Direktur Astra Otoparts, Yusak Kristian, pangsa pasar aki perusahaan tersebut telah mengalami penurunan cukup dalam sejak beberapa tahun belakangan.

"10-15 tahun belakangan market share kami mengalami penurunan, pasarnya stagnan. Banyak yang palsu namanya GS tapi bukan dari Astra Otoparts. Kalau yang asli, ada stiker bertuliskan didistribusikan Astra Otoparts," tuturnya, di Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Beragam cara pun dilakukan untuk menekan maraknya penggunaan aki GS palsu. Di antaranya kini menghadirkan layanan yang bisa diakses agar konsumen bisa bedakan mana aki GS asli dan palsu. Kata Yusak, ada dua layanan yang bisa diakses konsumen, yakni GS Astra Solution Center dan GS Astra Smart. Untuk GS Astra Solution dapat melayani konsumen atas berbagai keluhan yang dihadapi mengenai aki.

"Saat ini, para pengguna kendaraan bermotor masih banyak yang kurang paham terhadap merawat komponen kendaraannya, salah satunya aki. Aki bisa rusak tak terduga akibat perawatan kurang baik dan penanganan yang salah," kata Yusak.

Shop and Drive Astra.

Sementara itu, layanan GS Astra Smart, layanan ini bisa dipergunakan konsumen untuk mengetahui keaslian aki dari GS Astra. Nantinya, bengkel yang ditunjuk akan membekali petunjuk kepada konsumen mengenai aki GS Astra yang asli.

Nantinya, dua layanan ini bakal melayani konsumen di lima lokasi bengkel Shop & Drive yang tersebar di Jakarta. Layanan GS Astra Solution bahkan menerima layanan melalui telepon selama 24 jam.