'Mencicipi' Suzuki Jimny Baru Sebelum GIIAS 2017

Suzuki Jimny 4WD 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA.co.id – Mobil Suzuki jenis jip yang menjadi legendaris di pasar global adalah Jimny. Mobil ini memiliki bentuk tidak terlalu besar, dan masuk pasar Indonesia mulai dari 1979 silam.

Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Ekspektasi

Namun, kesuksesan Jimny di Tanah Air dimulai sejak 80-an, di mana seri LJ80 dengan mesin 800 cc atau yang dikenal Jimny Jangkrik, laku keras.

Maka, untuk mengulang kesuksesaannya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan Jimny generasi ketiga.

Suzuki Jimny 5 Pintu Kini Punya Lawan Sepadan

Agen pemegang merek Suzuki ini memastikan, Jimny model terbaru yang dibawa utuh dari Jepang ini akan resmi diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017 mendatang.

Asyiknya, sebelum peluncuran resmi, VIVA.co.id mendapat kesempatan eksklusif mencoba langsung mobil tersebut.

Segini Stok Suzuki Jimny 5 Pintu yang Ready di Indonesia

Suzuki Jimny 4WD 2017.

Suzuki Jimny 4WD 2017 (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Dari desain eksterior, tampilan depannya sudah lebih modern dibanding generasi Caribian atau SJ410. Seluruh lekukan bumper dan kap mesin tidak lagi kotak. Selain itu, desain grille lebih minimalis dan berbentuk vertikal.

Pada kap mesin mobil ini ada lubang airscoop, yang berguna untuk mengalirkan udara segar ke ruang mesin. Biasanya, lubang ini digunakan pada mesin yang dibekali dengan turbocharger. Namun, edisi yang tiba di Indonesia tidak ada perangkat tersebut.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017 (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Selanjutnya...interior

Menegaskan kesan modern, pabrikan asal negeri Sakura ini menganut desain bodi lebar, sehingga mobil terlihat lebih gemuk. Pada sektor penerangan, Suzuki enggan memberikan fitur mewah, masih mengandalkan lampu halogen.

Layaknya mobil-mobil saat ini, kaca belakang Jimny baru juga dilengkapi dengan penghapus kaca dan antikabut.  Bagian kaki-kaki juga sudah mengadopsi per keong dan pelek alloy. Yang menarik, Suzuki mempertahankan desain pelek jip klasik.

Interior mobil yang disebut-sebut bakal dibanderol Rp280 jutaan ini jauh dari kesan mewah. Mereka yang biasa mengemudikan Suzuki Katana akan tidak canggung saat menggunakan mobil ini.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017.

Panel pintu Suzuki Jimny 4WD 2017 (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Posisi mengemudinya pun masih khas. Dengan postur penguji 170 sentimeter, jarak pandang cukup leluasa untuk melihat area blind spot. Duduk di jok belakang, kaki memang masih menekuk, namun ruang untuk kepala sangat lega.

Yang menarik, untuk mengakses fitur penggerak empat roda, mobil ini sudah menggunakan tombol. Tidak seperti Jimnya lawas yang masih menganut model tongkat tambahan.

Untuk mencoba ketangguhan mobil legendaris ini, kami melintasi jalan penuh berbatuan alias semi off-road, dengan memanfaatkan fitur 4WD (four wheel drive).

Tidak puas sampai di situ, kami mencoba penggerak empat roda mode rendah, yakni yang biasa dipakai saat melewati medan sangat berat. Untuk dapat melakukannya, posisi transmisi harus dalam keadaan netral. Saat diaktifkan, muncul logo 4L di panel instrumen.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017 (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Jimny baru ini menggendong mesin berkode M13A empat silinder berkapasitas 1.328 cc, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 83,8 daya kuda dan torsi 110 Newton meter.

Saat menggunakan mode 4L, tenaga mesin cukup untuk menggerakkan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Padahal, medan yang dilalui sedikit terjal.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017.

Interior Suzuki Jimny 4WD 2017 (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya